Kompas.com - 22/05/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu sein digunakan kendaraan sebagai alat komunikasi kepada pengendara lain, seperti saat akan berbelok, menyalip, atau berpindah jalur. 

Sayangnya, untuk hal ini masih banyak pengemudi yang abai, sehingga membuat pengendara lain tidak nyaman.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menyusul atau berpindah lajur harus sesuai dengan kaidah keselamatan, salah satunya menyalakan lampu sein.

Baca juga: Sudah Tahu Kenapa Lampu Sein Kendaraan Harus Berwarna Amber?

Lampu sein mobil- Lampu sein mobil

“Ketika mau pindah lajur, berarti akan mengambil atau memotong lajur orang lain, jadi harus izin dahulu (dengan menyalakan lampu sein),” kata Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu, Apakah Itu Vapor Lock!

Sony juga mengingatkan, menyalakan lampu sein bukan berarti bisa sembarangan pindah lajur.

Pengendara wajib memperhatikan kondisi lalu lintas yang ada di belakang kendaraan aman, dengan demikian tak asal potong lajur walaupun marka jalannya putus-putus.

Ilustrasi menyalip.KOMPAS.com / Stanly Ilustrasi menyalip.

“Mengemudi di jalan membutuhkan etika yang baik untuk mengurangi risiko kecelakaan. Etika yang baik artinya perilaku pengemudi yang mampu meminimalisir risiko kecelakaan,” ucap Sony.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.