Kendaraan Listrik Otonom Sudah Bisa Dicoba di Q Big BSD

Kompas.com - 21/05/2022, 16:41 WIB

SERPONG, KOMPAS.com - Sinarmas Land resmi melakukan uji coba inovasi kendaraan listrik otonom pada Jumat (20/5/2022) bersama Mitsubishi Corporation.

Saat ini, pengoperasian kendaraan listrik otonom dilakukan di kawasan Q Big BSD dan menyusul di BSD Green Office Park. Kendaraan yang digunakan berasal dari Perancis dengan merek Navya model Arma.

Pengoperasian di Q Big BSD terdapat empat titik pemberhentian. Pertama di Forest Lobby (pick up & drop off), lalu ke Waterfall Lobby (pick up & drop off), Gate 1 (Ace, drop off), Gate 2 (Informa, drop off).

Baca juga: Toyota Masih Studi Kendaraan Listrik lewat Innova EV

Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSD

Bagi yang mau mencoba, bisa datang ke Q Big BSD dan memilih titik naik, bisa di Forest Lobby atau di Waterfall Lobby. Uji coba dilakukan secara gratis, alias Rp 0, namun harus sediakan aplikasi OneSmile.

Kendaraan listrik otonom ini beroperasi setiap hari Selasa sampai Minggu, Senin libur untuk maintenance. Mulai beroperasi pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB dan istirahat pukul 12.00 WIB sampai 13.30 WIB.

Namun sebelumnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya usia harus di atas 15 tahun, harus memakai sabuk pengaman, tidak boleh loncat dari kendaraan, tidak boleh berdiri, tidak membawa shoping bag, serta hewan peliharaan. Penumpang juga tidak boleh merokok, makan, dan membuang sampah.

Baca juga: Satu Lagi Perusahaan Lokal Indonesia yang Jadi Sponsor Gresini Racing di MotoGP


Lewat aplikasi OneSmile, nantinya calon penumpang diminta mengisi survey terlebih dahulu. Setelah selesai, baru mendapatkan QR Code yang bisa diberikan kepada petugas yang berjaga.

Lalu, penumpang tinggal tunggu kendaraan tersebut sampai ke titik naik. Ketika sudah di kabin, tinggal tentukan titik turun dan ada operator yang turut serta dalam perjalanan.

Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSD

Navya Arma ini bisa memuat 15 orang termasuk satu operator, di dalamnya ada delapan tempat duduk dan empat berdiri. Namun saat kondisi pandemi, dibatasi hanya boleh dinaiki 7 orang.

Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSD

Ketika sudah selesai dan sampai ke tujuan, penumpang diminta kembali mengisi survey setelah mencobanya. Lalu, penumpang bisa mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan di restoran yang ada di Q Big.

Uji coba di Q Big BSD akan berlangsung sampai 12 Agustus 2022. Sedangkan tanggal 13-20 Agustus rencananya akan ada pameran di Q Big BSD dan setelahnya akan beroperasi di BSD Green Office Park sampai Desember 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.