Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 17:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SERPONG, KOMPAS.com - Sinarmas Land bersama Mitsubishi Corporation baru saja meresmikan uji coba kendaraan listrik otonom di kawasan BSD, Jumat (20/5/2022).

Ada satu unit kendaraan listrik otonom yang beroperasi di kawasan Q Big BSD dan nantinya menyusul di BSD Green Office Park. Unit yang digunakan didatangkan dari Perancis dengan merek Navya model Arma.

Redaksi Kompas.com pun langsung merapat ke Q Big BSD untuk mencobanya secara langsung. Perlu diketahui, jadwal pengoperasiannya hanya pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB, dari hari Selasa sampai Minggu, Senin libur untuk maintenance.

Baca juga: Punya Smart Cruise Control, Hyundai Ioniq 5 Masuk dalam Jenis Otonom?

Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSD

Ketika sampai di Q Big BSD, hanya ada dua titik naik, yakni di Forest Lobby dan Waterfall Lobby, sedangkan dua tempat lagi yakni Ace dan Informa hanya menjadi tempat turunnya penumpang.

Tiba di Forest Lobby, calon penumpang diminta untuk scan barcode dan mengunduh aplikasi OneSmile. Selanjutnya, bisa mengisi pre-survey kendaraan listrik otonom pada aplikasi tersebut.

Setelah diisi, baru keluar QR Code dan diberikan ke petugas di titik naik. Lalu tunggu kendaraan ini datang, baru ada satu unit sehingga waktu tunggunya cukup lama, 15 menit sampai 20 menit.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu, Apakah Itu Vapor Lock!


Sebelum naik, ada beberapa aturan yang harus diikuti, seperti usia harus di atas 15 tahun, tidak membawa tas belanja, dan binatang peliharaan. Penumpang yang naik juga harus memakai sabuk pengaman dan tidak boleh berdiri.

Navya Arma ini bisa memuat 15 orang penumpang, delapan duduk dan empat berdiri termasuk satu operator. Namun saat pandemi seperti sekarang, hanya bisa diisi sampai tujuh penumpang saja.

Ketika masuk, redaksi disambut pintu samping yang terbuka lebar, sehingga aksesnya cukup mudah. Kemudian langsung memilih duduk di sisi kanan, tengah, atau kiri dan pasang sabuk pengaman.

Suasana kabin kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Suasana kabin kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba di Q Big BSD

Kendaraan Listrik Otonom ini menggunakan delapan sensor yang terpasang di sekujur bodinya. Tiga ada di depan, tiga di belakang, dan masing-masing satu sensor di sisi kanan dan kiri.

Tangkapan sensor tadi pun ditampilkan pada layar yang bisa diakses oleh operator. Ketika mulai berjalan, agak terasa aneh mengingat tidak ada setir sebagai tanda ada pengemudi yang mengoperasikannya.

Penumpang tinggal duduk saja, dan ada satu operator yang berdiri sambil memastikan situasi di sekitar kendaraan aman. Cara mengeceknya, ada dua kamera yang dipasang di depan dan dibelakang, tangkapannya bisa dilihat dari layar LED di dalam.

Suasana kabin kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Suasana kabin kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba di Q Big BSD

Untuk rasa berkendaranya, kendaraan berjalan dengan halus. Apalagi ketika menikung, Navya Arma ini bisa dilakukan dengan mulus. Ternyata ketika dicek dari luar, keempat roda Arma ini bertugas sebagai steering, atau biasa dikenal dengan 4 wheel steering.

Namun hal yang kurang menyenangkan adalah sensor dari Arma sangat sensitif. Ketika sedang dicoba dan ada mobil yang menyalip, Arma langsung mengurangi kecepatannya dengan cepat agar tidak menabrak.

Hal seperti tadi yang sebenarnya dirasa kurang nyaman saat mencoba Arma di Q Big BSD. Namun jika jalanannya kosong dan lancar, sesuai dengan yang sudah diperhitungkan, maka menaiki kendaraan listrik otonom ini menjadi hal yang menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com