Kompas.com - 21/05/2022, 17:22 WIB

SERPONG, KOMPAS.com - Sinarmas Land bersama Mitsubishi Corporation baru saja meresmikan uji coba kendaraan listrik otonom di kawasan BSD, Jumat (20/5/2022).

Ada satu unit kendaraan listrik otonom yang beroperasi di kawasan Q Big BSD dan nantinya menyusul di BSD Green Office Park. Unit yang digunakan didatangkan dari Perancis dengan merek Navya model Arma.

Redaksi Kompas.com pun langsung merapat ke Q Big BSD untuk mencobanya secara langsung. Perlu diketahui, jadwal pengoperasiannya hanya pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB, dari hari Selasa sampai Minggu, Senin libur untuk maintenance.

Baca juga: Punya Smart Cruise Control, Hyundai Ioniq 5 Masuk dalam Jenis Otonom?

Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Uji coba kendaraan listrik otonom di Q Big BSD

Ketika sampai di Q Big BSD, hanya ada dua titik naik, yakni di Forest Lobby dan Waterfall Lobby, sedangkan dua tempat lagi yakni Ace dan Informa hanya menjadi tempat turunnya penumpang.

Tiba di Forest Lobby, calon penumpang diminta untuk scan barcode dan mengunduh aplikasi OneSmile. Selanjutnya, bisa mengisi pre-survey kendaraan listrik otonom pada aplikasi tersebut.

Setelah diisi, baru keluar QR Code dan diberikan ke petugas di titik naik. Lalu tunggu kendaraan ini datang, baru ada satu unit sehingga waktu tunggunya cukup lama, 15 menit sampai 20 menit.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu, Apakah Itu Vapor Lock!


Sebelum naik, ada beberapa aturan yang harus diikuti, seperti usia harus di atas 15 tahun, tidak membawa tas belanja, dan binatang peliharaan. Penumpang yang naik juga harus memakai sabuk pengaman dan tidak boleh berdiri.

Navya Arma ini bisa memuat 15 orang penumpang, delapan duduk dan empat berdiri termasuk satu operator. Namun saat pandemi seperti sekarang, hanya bisa diisi sampai tujuh penumpang saja.

Ketika masuk, redaksi disambut pintu samping yang terbuka lebar, sehingga aksesnya cukup mudah. Kemudian langsung memilih duduk di sisi kanan, tengah, atau kiri dan pasang sabuk pengaman.

Suasana kabin kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba di Q Big BSDKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Suasana kabin kendaraan listrik otonom yang sedang diuji coba di Q Big BSD

Kendaraan Listrik Otonom ini menggunakan delapan sensor yang terpasang di sekujur bodinya. Tiga ada di depan, tiga di belakang, dan masing-masing satu sensor di sisi kanan dan kiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.