Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2022, 17:13 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pengguna Yamaha Aerox 155 atau Lexi generasi awal, mungkin pernah merasakan motor mengalami gangguan dan muncul kode error 12 di layar instrumen.

Seperti diketahui, kode error yang muncul di layar instrumen motor injeksi merupakan sinyal bahwa telah terjadi malfungsi di salah satu komponen motor.

Umumnya, ketika kode error 12 muncul di layar instrumen Yamaha Aerox 155 atau Lexi, biasanya motor jadi tidak bisa menyala.

Baca juga: Pelat Nomor Putih Mulai Diterapkan Bulan Depan

@jungle_fx Kena juga Check Engine Kode Keramat 12, penyakit si Lexi & Aerox itu #fyp #xyzbca #foryoupage #kode12 #kode12aerox #kode12lexi #penyakit #yamaha #yamahamaxi #lexi #aerox #checkengine #tokopedia #bengkelresmiyamaha ? In Love With You - BLVKSHP

Kode error 12 muncul berarti ada masalah di Crank Position Sensor,” ujar Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong Mamal Syahrudin, kepada Kompas.com (19/5/2022).

“Indikasi adanya malfungsi di bagian elektrikal, tepatnya dari spul motor,” kata dia.

Spul merupakan gulungan tembaga yang berfungsi sebagai pembangkit daya listrik di motor. Nama resmi komponen ini adalah stator, karena komponen kelistrikan ini tidak berputar alias statis.

Baca juga: Honda SH150i Model Baru Meluncur, Pakai Mesin Vario 160

Oleh sebab itu, ketika kode error 12 muncul, pengecekan bisa difokuskan ke komponen di dekat area Crank Position Sensor.

Menurut Mamal, penyebab munculnya error 12 paling sering ternyata karena terjadinya arus pendek akibat bagian soket spul kemasukan air sehingga hangus terbakar.

Penyebab arus pendek ini bukan hanya terjadi karena adanya modifikasi di sektor kelistrikan. Namun hal ini juga bisa dijumpai juga pada motor kondisi standar.

Baca juga: Usai MotoGP Perancis, Situasi Honda Repsol Memburuk

Yamaha Indonesia mengajak beberapa kosumen Yamaha Lexi dalam acara bertajuk Lexi Lady TimeFoto: Yamaha Yamaha Indonesia mengajak beberapa kosumen Yamaha Lexi dalam acara bertajuk Lexi Lady Time

“Kalau bermasalah, makanya motor bisa mendadak mogok pada saat digunakan dan enggak bisa distarter,” ucap Mamal.

Untuk mengatasinya, bengkel resmi tidak menyarankan untuk melakukan modifikasi kabel atau soket yang terbakar, karena masalah tersebut berisiko kambuh lagi.

“Solusinya bisa ganti spul assy pakai milik Aerox 155 Connected, plug and play, dan dijamin ampuh mengatasi error tersebut,” kata Mamal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com