Kompas.com - 19/05/2022, 17:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Oli atau pelumas menjadi salah satu unsur penting untuk kendaraan roda dua. Sepeda motor transmisi manual dan motor transmisi matik menggunakan oli yang berbeda satu sama lain.

“Jika keduanya dipakai untuk jenis transmisi motor yang berbeda akan menyebabkan performa motor tidak maksimal,” kata Reza Ben Ungerer, Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia,Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Pemerintah Sebut Tesla Bakal Investasi Ekosistem Baterai dan Mobil Listrik

Reza Ben juga menyebutkan bahwa Panaoil sendiri punya empat pilihan oli untuk kendaraan roda dua.

Masing-masing adalah Panaoil SP5 Synthetic Matic 10W-30, Panaoil SP5 Synthetic Matic 10W-40, Panaoil SP5 Synthetic Manual 10W-40, dan Panaoil SP5 Synthetic Manual 20W-50.

Setiap produk Panaoil SP5 merupakan oli sintetik dengan formula spesial bernama Engine Power Protection Technology.

Formula tersebut akan memberikan perlindungan maksimal pada komponen mesin dari potensi erosi atau aus yang muncul akibat proses mekanis serta kimiawi selama mesin bekerja.

Ilustrasi Oli Motorfabrikasimf Ilustrasi Oli Motor

Saat pemakaian oli skutik untuk motor manual, gejala kopling selip akan berpotensi muncul akibat tidak adanya unsur di oli yang punya senyawa aditif yang sesuai dengan kampas kopling.

Formula pada oli skutik dibuat untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin. Terlebih lagi, oli untuk skutik memang tidak mengandung zat aditif anti slip kopling sehingga karakternya memang lebih licin.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Lebih Baik Pilih Transmisi Matik atau Manual?

Untuk mengetahui spesifikasi oli pada motor manual bisa dilihat dari kode JASO MA. Kode tersebut berarti oli dibuat dengan formula untuk motor bertransmisi manual atau motor dengan kopling basah. Sementara itu, kode JASO MB artinya oli khusus untuk motor matik.

“Hendaknya benar-benar memahami dengan baik semua kode pada kemasan oli supaya performa kendaraan bisa maksimal,” kata Reza Ben.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.