Jangan Panik, Begini Atasi Gas Mobil yang Nyangkut Mendadak

Kompas.com - 07/05/2022, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mempermudah mobilitas, mengendari mobil juga memiliki potensi kecelakaan yang bisa terjadi dan dialami siapa saja.

Penyebabnya ada banyak, bahkan beberapa justru diakibatkan masalah pada mobil, salah satunya imbas pedal gas yang tersangkut.

Dampak dari masalah pedal gas yang tidak kembali ke posisi semula, otomatis membuat laju mobil terus bertambah. Bila pengemudi tidak tenang, dampaknya bisa mengalami kecelakaan.

Lalu bagaimana mengatasi pedal gas mobil yang tersangkut saat sedang berkendara?

Baca juga: Kesalahan Umum Saat Parkir Mobil Matik, Asal Injak Pedal Gas

Test Drive Toyota GR YarisKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Toyota GR Yaris

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) menjelaskan, hal yang wajib dilakukan pengemudi ketika mengalami gas tersangkut yakni segera memindahkan tuas perseneling ke posisi netral.

"Untuk mobil manual, segera injak pedal kopling dan netralkan. Sedangkan untuk mobil matik segera pindahkan tuas perseneling ke netral," ucap Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tak lupa untuk segera menyalakan lampu hazard sebagai sinyal komunikasi kepada pengguna jalan lain bahwa sedang terjadi kondisi darurat.

Pengendara juga tak boleh langsung panik, karena bisa membuat semua referensi dan solusi yang sudah ada terlupa, dan berujung pada pengambilan tindakan yang salah.

Baca juga: Update Harga MPV Murah Usai Lebaran

Marcell juga meminta agar pengemudi tidak sembarangan menarik rem tangan ketika gas tersangkut. Sebab roda belakang akan mengunci dan muncul masalah baru, mobil bisa berputar hilang kendali.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Selain itu, tidak disarankan langsung mematikan mesin mobil, karena akan membuat semua sistem pada mobil tak lagi berfungsi.

Kemudi atau setir pun bisa terkunci. Jika sudah demikian, pengendara akan makin kesulitan mengendalikan kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.