Video Viral Pengemudi Arogan Lawan Arah dan Tabrak Penyeberang Jalan

Kompas.com - 07/05/2022, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video mobil Avanza berwarna putih bertingkah arogan viral di media sosial. Video ini pun sudah disaksikan lebih dari 300.00 kali di Tiktok yang diunggah oleh akun @.riyan32.

Pada video tersebut terlihat mobil Avanza mengambil jalur yang berlawanan karena di depannya sedang macet. Namun dari tepi jalan ada orang yang sedang mau menyeberang jalan.

Mobil yang melaju cukup kencang itu pun tidak bisa menghindari si penyeberang jalan. Tabrakan pun terjadi dan mobil tadi diminta untuk menepi.

Baca juga: Akibat Gunakan Bahu Jalan, HR-V Nyaris Tabrak Mobil yang Sedang Ganti Ban

@.riyan32

jangan belagu karena orang lain juga bisa. tetap perhatikan keselamatan pengguna jalan lain.

? suara asli - BEKEN

 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, pengemudi tadi bisa dikategorikan orang yang arogan. Perilaku tersebut biasanya muncul karena kebiasaan.

"Kebiasaan dan karakter dia tumbuh menjadi tidak tertib, cenderung melanggat aturan dan otomatis dia tidak sadar akan bahayanya," ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Menurut Sony, ketika mau mengemudi bukan hanya rute yang harus direncanakan, tetapi juga mental. Maksudnya, pengemudi harus siap dengan berbagai masalah yang ada di jalan, contohnya menghadapi macet.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU


"Mental yang sehat akan menghasilkan keputusan-keputusan yang selalu positif," kata Sony.

Mobil tadi juga sudah pasti melanggar aturan karena melawan arus. Harus diingat kalau melanggar aturan sudah pasti berbahaya, karena semua yang ada di jalan sudah diatur atau ditata dengan undang-undang.

"Pengemudi yang seperti ini banyak, makanya kita diminta untuk selalu waspada setiap saat," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.