Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Panik, Begini Atasi Gas Mobil yang Nyangkut Mendadak

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mempermudah mobilitas, mengendari mobil juga memiliki potensi kecelakaan yang bisa terjadi dan dialami siapa saja.

Penyebabnya ada banyak, bahkan beberapa justru diakibatkan masalah pada mobil, salah satunya imbas pedal gas yang tersangkut.

Dampak dari masalah pedal gas yang tidak kembali ke posisi semula, otomatis membuat laju mobil terus bertambah. Bila pengemudi tidak tenang, dampaknya bisa mengalami kecelakaan.

Lalu bagaimana mengatasi pedal gas mobil yang tersangkut saat sedang berkendara?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) menjelaskan, hal yang wajib dilakukan pengemudi ketika mengalami gas tersangkut yakni segera memindahkan tuas perseneling ke posisi netral.

"Untuk mobil manual, segera injak pedal kopling dan netralkan. Sedangkan untuk mobil matik segera pindahkan tuas perseneling ke netral," ucap Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tak lupa untuk segera menyalakan lampu hazard sebagai sinyal komunikasi kepada pengguna jalan lain bahwa sedang terjadi kondisi darurat.

Pengendara juga tak boleh langsung panik, karena bisa membuat semua referensi dan solusi yang sudah ada terlupa, dan berujung pada pengambilan tindakan yang salah.

Marcell juga meminta agar pengemudi tidak sembarangan menarik rem tangan ketika gas tersangkut. Sebab roda belakang akan mengunci dan muncul masalah baru, mobil bisa berputar hilang kendali.

Selain itu, tidak disarankan langsung mematikan mesin mobil, karena akan membuat semua sistem pada mobil tak lagi berfungsi.

Kemudi atau setir pun bisa terkunci. Jika sudah demikian, pengendara akan makin kesulitan mengendalikan kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/07/132200315/jangan-panik-begini-atasi-gas-mobil-yang-nyangkut-mendadak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke