Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gegera Motor Terbakar di Basement, Puluhan Kendaraan Ikut Hangus

Kompas.com - 11/04/2022, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial, video yang memperlihatkan kepulan asap hitam di area Apartemen Bassura Gedung F, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kepulan asap tersebut berasal dari satu unit sepeda motor yang terbakar di lantai dasar apartemen.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasiops Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan kejadian sekitar pukul 16.34 WIB, Minggu (10/4/2022).

“Objek terbakar motor di basement,” ucap Gatot dalam keteranganya, Minggu (11/4/2022).

Baca juga: Begini Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Pakai Bus dari Kemenhub

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari video yang diunggah oleh akun Instagram Humas Jakfire, setidaknya terdapat puluhan unit motor dan mobil yang hangus terbakar akibat kebakaran tersebut.

“Berdasarkan keterangan yang didapat bahwa 5 unit mobil dan 41 unit motor hangus terbakar serta 15 mobil terdampak akibat kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pemadaman dinyatakan selesai pukul 21.01 WIB,” tulis keterangan video tersebut.

Agar peristiwa seperti ini tidak terulang kembali, sebaiknya pemilik kendaraan roda dua mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi penyebab motor terbakar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar (bensin).

“Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Jumat (29/10/2021).

Namun, Ribut menambahkan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber.

Sebab isi bensin sampai luber pun masih cukup aman, karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

Baca juga: Aturan Perjalanan Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik Lebaran 2022

“Karena kalau cuma luber langsung habis terkena angin. Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Harus sering servis rutin di bengkel, terutama di bengkel resmi, karena disitu akan selalu di periksa termasuk keamanan dari selang-selang tersebut juga kabel businya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com