Sirkuit Formula E Ancol Punya Lebar 12 Meter, Pas buat Nyalip

Kompas.com - 11/04/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan akan digelar di sirkuit yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), dengan panjang lintasan 2,4 km dan jumlah 18 tikungan. 

Baca juga: Aturan Perjalanan Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik Lebaran 2022

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, lebar sirkuit yaitu 12 meter dengan arus lintasan mengikuti arah jarum jam.

Peta terbaru rencana pembangunan sirkuit Formula E setelah alami revisi dari FEO, penambahan wilayah yang diarsir biru untuk aspek keselamatan KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Peta terbaru rencana pembangunan sirkuit Formula E setelah alami revisi dari FEO, penambahan wilayah yang diarsir biru untuk aspek keselamatan

"Di Ancol itu (lebar) 12 meter," kata Irawan saat ditemui di Jakarta , Minggu (10/4/2022).

Irawan mengatakan lebar trek 12 meter cukup untuk mobil Formula E. Sebab dengan lebar tersebut mobil masih punya cukup ruang untuk bisa menyalip lawan.

"Kalau di jalan raya, jalan dengan 3 jalur itu lebar standarnya 10,5 meter," kata Irawan.

Mobil Formula E Gen 2 saat ini punya panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter. Sedikit lebih kompak atau tidak selebar mobil Formula 1.

Sebagai perbandingan, mobil Mercedes-AMG F1 model W11 EQ Performance yang dipakai Lewis Hamilton memiliki panjang 5 meter, lebar 2 meter mm, dan tinggi 950 mm.

Baca juga: Prestige Berharap EHang 216 Bisa Beroperasi di IKN Baru

Gambar atas menunjukkan lahan berlumpur tempat sirkuit Formula E dibangun, diambil pada 29 Desember 2021. Foto bawah menunjukkan pembangunan sirkuit yang sudah mencapai 87,9 persen dari sisi yang sama, diambil 25 Maret 2022.KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Gambar atas menunjukkan lahan berlumpur tempat sirkuit Formula E dibangun, diambil pada 29 Desember 2021. Foto bawah menunjukkan pembangunan sirkuit yang sudah mencapai 87,9 persen dari sisi yang sama, diambil 25 Maret 2022.

Adapun untuk karakternya, sirkuit Ancol akan memiliki cukup banyak lintasan lurus panjang yang diikuti tikungan tajam.

Karakter seperti itu sengaja dibuat untuk membantu regenerasi daya listrik mobil balap, dan memperbanyak kesempatan pebalap untuk menyalip pebalap lain.

Sebelumnya diberitakan pembangunan sirkuit diperkirakan selesai 27 Maret 2022 tapi kemudian mulur selama dua pekan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut pembangunan sirkuit secara keseluruhan selesai pada 28 April 2022, termasuk grandstand dan bebarapa persiapan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.