Kompas.com - 23/02/2022, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan pengemudi mobil, pengemudi kendaraan roda dua atau motor terekspos langsung dengan medan jalan seperti terik matahari dan debu.

Ada beberapa perlengkapan yang bisa dipakai untuk meminimalisir ketidaknyamanan akibat paparan sinar matahari dan debu yang mengganggu visibilitas.

Tidak hanya untuk kenyamanan, perlengkapan ini dapat membantu menunjang keselamatan berkendara untuk pengendara motor.

Baca juga: Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengendara Motor Wanita

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memaparkan beberapa perlengkapan yang disarankan untuk dipakai oleh pengendara motor.

"Mengenai riding gear, memang yang paling utama dan wajib digunakan oleh pengendara dan penumpang motor adalah helm. Karena, penggunaan helm telah diatur oleh UU LLAJ sehingga wajib digunakan," jelas Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Undang-undang yang dimaksud ialah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalanan, bagian keempat tentang Perlengkapan Kendaraan Bermotor, tepatnya pasal 57 nomor 1 dan 2:

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.

(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

Ilustrasi ujian praktek penerbitan SIM C. SIM C untuk pengendara apa? Perpanjang SIM C untuk pengendara motor diperlukan agar tidak dikenakan tilang. Berapa biaya perpanjang SIM C? Apa syarat perpanjang SIM C?freepik.com Ilustrasi ujian praktek penerbitan SIM C. SIM C untuk pengendara apa? Perpanjang SIM C untuk pengendara motor diperlukan agar tidak dikenakan tilang. Berapa biaya perpanjang SIM C? Apa syarat perpanjang SIM C?

Agus menekankan, fungsi helm yang paling penting ialah melindungi organ tubuh manusia yang paling vital, yaitu otak. Benturan keras yang bisa terjadi saat kecelakaan dapat menjadi sangat fatal jika kepala tidak dilindungi.

Selain itu, Agus mengatakan sebenarnya ada perlengkapan lain yang bisa digunakan seperti sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.