Pertamina Buka Layanan Tukar Baterai Motor Listrik, Catat Lokasinya

Kompas.com - 23/02/2022, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka memulai ekosistem kendaraan listrik, Pertamina mengambil langkah pertama bekerja sama dengan Gojek.

Kerja sama ini bukan tanpa alasan, pasalnya Gojek merupakan salah satu perusahaan yang memiliki basis kendaraan motor terbesar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, mengatakan, pihaknya menyadari bahwa untuk melayani pasar kendaraan roda dua, termasuk pengendara transportasi daring, yang harus dipenuhi adalah kemudahan dan kecepatan.

Baca juga: Kapan BPJS Kesehatan Mulai Berlaku Jadi Syarat Urus SIM dan STNK

Pertamina dirikan sejumlah Baterry Swapping Station buat motor listrik di JakartaDok. Pertamina Pertamina dirikan sejumlah Baterry Swapping Station buat motor listrik di Jakarta

“Kalau kita mau mengembangkan New Renewable Energy, secara global pun sesuai dengan program dari G20, maka ini harus dilakukan kolaborasi,” ujar Nicke, dalam keterangan tertulis (23/2/2022).

“Jadi harus inklusif, tidak boleh eksklusif, karena semua pihak kolaborasi ini harus kita lakukan bersama,” kata dia.

Sebagai langkah awal, Pertamina pun menyiapkan layanan swapping station (stasiun penukaran) pertama, untuk solusi penggantian baterai.

Baca juga: Belajar Menyetir Mobil, Lebih Baik Pakai Matik atau Manual?

Motor listrik Gogoro GojekDok. Gojek Motor listrik Gogoro Gojek

Fasilitas ini pertama kali akan digunakan oleh 500 armada Gojek yang menggunakan motor listrik. Namun, ke depan Pertamina terus berupaya agar layanan ini dapat dimanfaatkan seluasnya oleh masyarakat umum.

Swapping Station Pertamina saat ini ada di 7 titik SPBU GES (Green Energy Station) di Jakarta Selatan, yaitu SPBU MT Haryono, SPBU Kuningan, SPBU Kemang, SPBU Gandaria City, SPBU Fatmawati, SPBU Permata Hijau, dan SPBU Pondok Indah.

“Target kita akan segera kita tingkatkan. Kalau hasil pilotnya bagus, tahun depan bisa kita tingkatkan swapping station untuk melayani 5.000 kendaraan," kata Nicke.

"Karena targetnya cukup agresif ya, lebih cepat lebih baik. Karena ini merupakan komitmen bersama,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.