Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengendara Motor Wanita

Kompas.com - 21/02/2022, 18:42 WIB
Serafina Ophelia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor saat ini tak terbatas pria saja, banyak juga wanita yang mengendarakannya, baik untuk keperluan pekerjaan atau sekadar hobi.

Namun demikian, dalam mengendarakan motor, ternyata ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pengendara wanita. Mulai dari hal yang sepele hingga yang berpotensi membahayakan, baik untuk pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pengendara wanita saat mengoperasikan motor.

Baca juga: Pilihan Skutik Berukuran Kecil untuk Biker Wanita

1. Ragu-ragu dalam melakukan manuver

Agus menjelaskan, pengemudi wanita acap kali ragu melakukan manuver seperti menikung, pindah lajur atau saat berbelok.

"(Ragu saat bermanuver) menyebabkan pengendara di belakangnya menjadi kagok," ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Hal ini sangat berbahaya, baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan yang lain. Manuver yang dilakukan secara mendadak atau tiba-tiba, berpotensi menyebabkan terjadinya tabrakan.

Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendaraAMY Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara

2. Tidak tepat waktu menggunakan lampu sein

Tak hanya itu, pengendara wanita juga dikatakan sering lupa mematikan lampu sein usai melakukan bermanuver.

"Seringkali, pengendara wanita ketika menggunakan sein lupa untuk di-off-kan kembali. Sehingga, selama perjalanan lampu sein terus menyala," kata Agus.

Agus mengatakan, hal ini biasanya terjadi karena pengendara wanita cenderung tidak memperhatikan dasbor motor karena terlalu fokus pada jalan yang dilalui.

3. Mendengarkan musik 

Memakai headset untuk mendengarkan musik saat berkendara, merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan karena menggangu fokus dan kewaspada terhadap keadaan sekitar.

"Di jalan raya kita melihat pengendara menggunakan headset untuk mendengarkan musik dari handphone, yang membuat cara berkendara menjadi ceroboh," papar Agus.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Honda Civic Estilo Tembus Ratusan Juta

Saat mendengarkan musik, pengendara tidak mendengarkan lingkungan berkendara di sekitarnya karena terlalu terfokus dengan musik yang ia dengarkan.

Padahal, saat berkendara pengemudi perlu waspada dan peka terhadap area sekitarnya, seperti mendengarkan suara klakson dan memperhatikan lampu isyarat dari pengguna jalan lain untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com