Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksana Dorong Model Panorama Jadi Desain Andalan Baru

Kompas.com - 23/02/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Laksana baru saja merilis bus baru milik PO Garuda Mas. Bus tersebut menggunakan bodi Legacy SR2 HD Prime double glass, namun bagian mukanya menggunakan tipe Panorama.

Desain bodi Panorama ini sebenarnya varian baru dari Karoseri Laksana yang pertama digunakan oleh PO SAN. Bodi tersebut adalah facelift dari Legacy SR2 single glass yang sudah hadir sejak 2016.

Pada model Panorama, bentuk dari rumah fog lamp dibuat jadi lebih agresif dan sporty. Apalagi ditambah tarikan garis krom yang menyambung ke lampu depan dan dilanjutkan sampai selendang.

Baca juga: Bus Baru PO Garuda Mas, Bodi Legacy SR2 HD Prime dengan Muka Panorama

Bus AKAP baru PO Garuda MasINSTAGRAM/LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Garuda Mas

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, tampilan depan desain bodi khas Panorama ini nantinya bakal digunakan oleh bodi lain.

“Rencananya iya (dipakai varian bodi lain). Jadi ganti cetakan bodi,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Varian bodi yang mungkin akan menggunakan tampilan depan Panorama antara lain XHD Prime, Suites Class, bahkan Double Decker. Hal ini mengingat tampilan bodi depan ini juga pernah di facelift sekali, jadi Panorama ini adalah pembaruan kedua dari segi tampilan depan.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

“Cetakannya tinggal yang sekarang masih diproduksi (facelift pertama) dan Panorama. Kalau yang sudah discontinue seperti SR1, Proteus, dan Nucleus3 sudah tidak digunakan,” kata Werry.

Jadi untuk ke depannya, bus-bus besar dengan bodi Legacy SR2 dari Karoseri Laksana akan punya tampilan yang mirip Panorama. Perbedaannya tinggal dimensi saja dan pilihan kaca, mau single glass atau double glass.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com