[POPULER OTOMOTIF] Ini Kesalahan Umum Pengemudi Pemula Saat Masuk Jalan Tol | Kebiasaan Ini Sepele, tetapi Bisa Bikin Transmisi Cepat Rusak

Kompas.com - 05/02/2022, 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi lewat jalan tol menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan pengemudi pemula saat belajar mobil.

Karena kondisinya yang berbeda dengan jalan umum, ada beberapa perbedaan cara mengemudi yang harus diperhatikan. Misal, di jalan tol, mobil cenderung melaju dalam kecepatan yang tinggi dan stabil.

Ini salah satu hal yang membedakan jalan tol dengan jalan umum, di mana pengemudi perlu waspada dengan adanya objek lain, seperti tiang listrik, pejalan kaki, dan pengendara motor.

Kemudian, saat hendak melakukan parkir, pengemudi pasti akan menggunakan gigi mundur yang umumnya ditandai dengan huruf R pada tuas transmisi.

Meski begitu, tak sedikit pengemudi yang masih melakukan kesalahan dalam pengoperasiannya.

Baca juga: Jagorawi Jalan Tol Pertama di Indonesia, Ini Fakta Lengkapnya

Banyak pengemudi yang tidak menunggu mobil hingga berhenti terlebih dahulu, sering kali mereka langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi R ketika mobil masih sedikit bergerak maju.

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 4 Februari 2022.

1. Ini Kesalahan Umum Pengemudi Pemula Saat Masuk Jalan Tol

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan pengemudi pemula saat berkendara melalui jalan tol.

Ia menjelaskan, seringkali pengemudi pemula tidak memperhatikan batas kecepatan kendaraan dan rambu lalu lintas yang ada. Serta, kurang konsentrasi dan mudah panik jika ada kendala.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.