Ini Kesalahan Umum Pengemudi Pemula Saat Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 04/02/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi lewat jalan tol menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan pengemudi pemula saat belajar mobil.

Karena kondisinya yang berbeda dengan jalan umum, ada beberapa perbedaan cara mengemudi yang harus diperhatikan. Misal, di jalan tol, mobil cenderung melaju dalam kecepatan yang tinggi dan stabil.

Ini salah satu hal yang membedakan jalan tol dengan jalan umum, di mana pengemudi perlu waspada dengan adanya objek lain, seperti tiang listrik, pejalan kaki, dan pengendara motor.

Baca juga: Mengemudi di Jalan Tol, Ingat Jaga Jarak Aman dan Kondisi Fisik

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan pengemudi pemula saat berkendara melalui jalan tol.

Ia menjelaskan, seringkali pengemudi pemula tidak memperhatikan batas kecepatan kendaraan dan rambu lalu lintas yang ada. Serta, kurang konsentrasi dan mudah panik jika ada kendala.

"Apabila kita di jalan tol, kecepatan kita harus sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan," kata Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Menjaga jarak antar kendaraan penting, khususnya di jalan tol. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya tabrakan beruntun.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Saat pengemudi tidak menjaga jarak aman, ada kemungkinan ia harus berhenti mendadak akibat kaget, ketika melihat kendaraan lain yang berada di depannya.

Melakukan pengereman mendadak dapat membuat kendaraan lain di belakang juga berhenti mendadak, sehingga bisa terjadi tabrakan beruntun.

Kemudian, walaupun jalan tol terlihat lengang, pengemudi pemula tetap harus memperhatikan batas kecepatan yang ada.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.