Di Mana Tempat Aman Menyimpan STNK Motor?

Kompas.com - 04/02/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagasi motor bisa jadi tempat yang cukup aman untuk menyimpan barang-barang kecil yang diperlukan pengendara. Namun, tidak semua barang bisa diletakkan begitu saja di bagasi motor.

Beberapa barang malah bisa rusak jika disimpan di bagasi khususnya dalam waktu yang lama, misalnya telepon genggam. Barang berharga lainnya seperti dompet dan uang juga tidak disarankan untuk disimpan di bagasi motor.

Salah satu barang yang kerap disimpan di bagasi motor adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun, sebenarnya ada tempat yang direkomendasikan lebih aman, dibandingkan bagasi motor.

Baca juga: Jangan Lupa Blokir STNK Usai Jual Mobil atau Motor

"STNK sebaiknya menempel pada kunci kontak," ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Menyimpan STNK bersama dengan kunci motor terbilang lebih aman, karena pengguna bisa selalu membawa kunci motor, bahkan ketika motor harus ditinggal.

"Memisahkan dari kunci kontak berpotensi tertinggal atau terselip, apalagi saat buru-buru," kata Sony.

Ilustrasi mengurus STNK hilang atau rusak. Bagaimana cara mengurus STNK hilang atau rusak? Berapa perkiraan biaya mengurus STNK hilang atau rusak?KOMPAS.com/SRI LESTARI Ilustrasi mengurus STNK hilang atau rusak. Bagaimana cara mengurus STNK hilang atau rusak? Berapa perkiraan biaya mengurus STNK hilang atau rusak?

Baca juga: Modifikasi Honda Vario 160 Bergaya City Touring

Kemudian, menyimpan STNK di bagasi motor juga akan mempersulit pemilik motor saat motor dicuri. Pasalnya, STNK dan kunci motor bisa membantu proses untuk klaim asuransi saat motor dicuri atau hilang.

Jika STNK disimpan di bagasi motor, akan sangat sulit untuk mengurus kehilangan motor ketika motor sudah terlanjur dicuri. Maka, disarankan untuk menyimpan STNK bersama dengan kunci motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.