Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Tempat Aman Menyimpan STNK Motor?

Kompas.com - 04/02/2022, 17:41 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagasi motor bisa jadi tempat yang cukup aman untuk menyimpan barang-barang kecil yang diperlukan pengendara. Namun, tidak semua barang bisa diletakkan begitu saja di bagasi motor.

Beberapa barang malah bisa rusak jika disimpan di bagasi khususnya dalam waktu yang lama, misalnya telepon genggam. Barang berharga lainnya seperti dompet dan uang juga tidak disarankan untuk disimpan di bagasi motor.

Salah satu barang yang kerap disimpan di bagasi motor adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun, sebenarnya ada tempat yang direkomendasikan lebih aman, dibandingkan bagasi motor.

Baca juga: Jangan Lupa Blokir STNK Usai Jual Mobil atau Motor

"STNK sebaiknya menempel pada kunci kontak," ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Menyimpan STNK bersama dengan kunci motor terbilang lebih aman, karena pengguna bisa selalu membawa kunci motor, bahkan ketika motor harus ditinggal.

"Memisahkan dari kunci kontak berpotensi tertinggal atau terselip, apalagi saat buru-buru," kata Sony.

Ilustrasi mengurus STNK hilang atau rusak. Bagaimana cara mengurus STNK hilang atau rusak? Berapa perkiraan biaya mengurus STNK hilang atau rusak?KOMPAS.com/SRI LESTARI Ilustrasi mengurus STNK hilang atau rusak. Bagaimana cara mengurus STNK hilang atau rusak? Berapa perkiraan biaya mengurus STNK hilang atau rusak?

Baca juga: Modifikasi Honda Vario 160 Bergaya City Touring

Kemudian, menyimpan STNK di bagasi motor juga akan mempersulit pemilik motor saat motor dicuri. Pasalnya, STNK dan kunci motor bisa membantu proses untuk klaim asuransi saat motor dicuri atau hilang.

Jika STNK disimpan di bagasi motor, akan sangat sulit untuk mengurus kehilangan motor ketika motor sudah terlanjur dicuri. Maka, disarankan untuk menyimpan STNK bersama dengan kunci motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com