Jagorawi Jalan Tol Pertama di Indonesia, Ini Fakta Lengkapnya

Kompas.com - 04/02/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Keberadaan jalan tol menjadi hal tidak bisa terlepas dari arus transportasi. Di Indonesia sendiri, jalan tol menjadi lintasan krusial yang sangat membantu pengendara kendaraan roda empat. 

Jalan tol sangat penting sebagai kelancaran distribusi barang yang berdampak pada kelancaran ekonomi negara.

Meskipun saat ini telah ada banyak jalan tol yang di bangun untuk mempermudah mobilitas berkendara, namun ada tol paling tua di Indonesia yang hingga saat ini masih melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Dampak Krisis Cip Semikonduktor Masih Dirasakan Yamaha

Bahkan, masih banyak yang tidak mengetahui jika jalan tol yang kerap dilalui adalah tol pertama di Indonesia.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan jika jalan tol yang pertama kali dibangun adalah tol Jagorawi.

“Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama di Indonesia,” katanya pada Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Jalan tol Jagorawi merupakan salah satu ruas jalan tol yang meraih peredikat jalan tol terbaik dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2021 oleh Kementrian PUPR.Jasa Marga Jalan tol Jagorawi merupakan salah satu ruas jalan tol yang meraih peredikat jalan tol terbaik dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2021 oleh Kementrian PUPR.

Jalan tol Jagorawi sendiri merupakan singkatan dari area yang terhubung dengan pembangunan jalan tersebut. Area yang terhubung yakni Jakarta-Bogor-Ciawi dengan panjang 59 km.

Peresmian dari jalan tol Jagorawi sendiri dimulai pada tahun 1978. Projek ini menjadi projek pembangunan jalan tol pertama di era Presiden Soeharto.

Setelah peresmian tol Jagorawi, pada tahun selanjutnya menyusul pembangunan jalan tol lainnya di Indonesia. Mengutip dari lama bpjt.pu.go.id, pembangunan jalan tol dimulai tahun 1975.

Pembangunan dilakukan oleh pemerintah dengan dana dari anggaran pemerintah dan pinjaman luar negeri yang diserahkan kepada PT. Jasa Marga (persero) Tbk. sebagai penyertaan modal.

Baca juga: Daftar Harga Motor Sport Naked per Februari 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.