Motor Hybrid Yamaha Fazzio Diklaim Aman Terobos Banjir

Kompas.com - 04/02/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha Fazzio mengusung teknologi yang terbilang canggih untuk skutik di kelasnya. Meski begitu, motor ini diklaim aman jika terpaksa menerjang banjir.

Seperti diketahui, Yamaha Fazzio Hybrid-Connected didukung oleh dua sumber tenaga yang secara simultan memberikan dorongan saat akselerasi awal.

Sumber tenaga dari skutik bergaya retro ini dihasilkan dari mesin, serta tenaga dari Electric Power Assist Start yang bersumber dari aki.

Baca juga: Ini Kata Honda Soal Kehadiran Yamaha Fazzio

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Electric Power Assist Start membantu mesin konvensional, dengan memberi tenaga tambahan pada 3 detik pertama saat akselerasi awal atau ketika putaran mesin berada di bawah 5.500 rpm.

Lantas dengan segala keunggulan teknologi yang dimilikinya, apakah Fazzio aman dipakai untuk melewati banjir? Pasalnya, posisi aki skutik ini berada di bawah dek kaki.

Aji Handoko, Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya telah melakukan pengujian internal pada Yamaha Fazzio.

Baca juga: Antisipasi Omicron, Dyandra Siapkan Jadwal Cadangan Pelaksanaan IIMS 2022

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

“Sejauh ini meskipun posisinya berada di bawah masih aman,” ucap Aji, saat ditemui di Bogor pada Kamis (3/2/2022).

“Dari hasil pengujian saat melewati banjir dan motor berhenti total, kami coba bongkar tempat aki. Aki masih kering, jadi motor berhenti bukan karena baterai, (tapi) terendam air," kata dia.

Adapun soal perawatan berkalanya, Aji juga mengatakan, tidak ada perawatan khusus maupun perbedaan dengan skutik Yamaha lainnya.

Baca juga: Bahaya, Jangan Mengemudi Tanpa Alas Kaki

"Yang membedakan programmingnya saja. Perawatannya sama, tidak ada perbedaan dengan motor biasa," kata Aji.

Untuk diketahui, Fazzio didukung mesin 125 cc 1-silinder berkapasitas 124,86 cc SOHC. Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga 8,3 tk pada 6.500 rom dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.