Sering Dianggap Remeh, Barang-barang Ini Wajib Ada di Dalam Mobil

Kompas.com - 04/02/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil, umumnya tersedia barang-barang wajib yang bisa membantu pengemudi saat ada keadaan darurat atau kerusakan pada komponen mobil.

Masih ada pengguna mobil yang abai dengan hal ini. Padahal, jika tidak diperiksa kelengkapannya, hal ini malah dapat menyusahkan pengemudi saat ada keadaan darurat.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, pengemudi perlu memperhatikan ketersediaan segitiga pengaman, kunci roda, ban cadangan, dongkrak, dan kotak P3K.

Baca juga: Komponen yang Wajib Diperiksa Saat Mobil Mogok Mendadak

"Segitiga pengaman, kunci roda, ban cadangan dan dongkrak, wajib tahu di mana letaknya," jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Segitiga pengaman adalah pelat berbentuk segitiga sama sisi berwarna merah. Tidak hanya itu, segitiga pengaman juga harus bisa memantulkan cahaya.

Komponen yang satu ini merupakan isyarat berhenti yang digunakan saat mobil harus berhenti dalam keadaan darurat, misalnya mogok di pinggir jalan.

Kemudian, pengemudi juga harus melihat ketersediaan ban cadangan di mobil. Pasalnya, letak ban cadangan atau ban serep berbeda-beda, tergantung dari jenis dan ukuran mobilnya.

Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil MaseratiAditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati

Beberapa lokasi yang umum untuk penempatan ban serep adalah di bagian bawah mobil, di bagian belakang pintu mobil, atau di bagasi mobil.

Kemudian kunci roda dan dongkrak. Dua komponen ini sangat diperlukan untuk membantu pengemudi mengganti ban, jika ada kendala seperti ban pecah atau bocor.

Ada juga kotak P3K yang berisi alat-alat untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Misalnya kain kasa, sarung tangan lateks, pinset, dan obat-obatan ringan.

Pengemudi juga perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa agar aman digunakan, serta memperhatikan lokasi penyimpanan sehingga obat tetap dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Biasa Pakai Manual Tiba-tiba Bawa Mobil Matik, Jangan Anggap Sepele

Terakhir, Roslianna juga menyarankan pengemudi untuk mengecek komponen lain, seperti kondisi air aki, radiator, air wiper, dan tekanan angin ban sebelum berkendara.

"Dengan memastikan kendaraan layak jalan, kita sudah pasti terhindari dari gangguan di jalan. Otomatis, bagi pengendara wanita, aman terhindar dari tindakan kriminal, apabila selama perjalanan kita tidak ada gangguan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.