Kompas.com - 02/02/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com –Kejadian mobil mogok secara mendadak saat di perjalanan menjadi kondisi yang tidak menyenangkan.

Mobil yang mogok tidak hanya mengganggu akomodasi pemilik mobil, namun juga pengguna lalu lintas lainnya.

Agar tidak alami kejadian mobil mogok mendadak, baiknya kenali dulu apa saja faktornya. Jika telah mengetahui sumber permasalahannya, pemilik tidak dapat dengan sigap mengatasi permasalahan ini segera.

Baca juga: Jangan Pernah Beli Mobil Bekas Tanpa Surat

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jika mobil dapat melaju atau hidup karena tiga faktor.

“Satu kompresi, kedua itu bensin, ketiga itu pengapian. Kalau mobil mendadak mati, hanya ada dua kemungkinan penyebabnya,” kata Bambang baru-baru ini pada Kompas.com.

Bambang menyebutkan jika dilihat secara umum, mobil yang mogok mendadak saat melaju bisa karena faktor bensin atau pengapiannya.

Demo mobil mogok di MyanmarTWITTER/@SOEZEYA Demo mobil mogok di Myanmar

Mobil membutuhkan bahan bakar atau bensin untuk melaju. Saat bensin habis, maka mobil akan mati. Selain karena bensin kosong atau habis, bensin yang tersumbat atau bocor juga menjadi penyebab mobil mogok mendadak.

Kemudian, jika membicarakan faktor pengapian biasanya karena businya habis. Bisa pula platina yang habis atau koil mobil rusak.

Untuk mengetahui apa penyebabnya secara tepat, mobil perlu di bawa ke bengkel untuk diperiksa oleh ahli.

Baca juga: Jajal Mesin Diesel Kia Seltos di Jalan Ibu Kota

“Kalau kompresi sih tidak mungkin jadi penyebab karena jika rusak mobil tidak akan mendadak matinya. Ini karena kompresi mengandalkan sistem mekanikal. Jadi penyebab mobil mogok mendadak bisa karena bensin atau pengapian,” imbuh Bambang.

Bambang juga menyebutkan kasus mobil mogok mendadak adalah hal yang umum.
Bahkan, berbagai jenis mobil, baik itu mobil lawas atau baru juga berpotensi alami mogok mendadak.

Jika dilihat secara khusus pemilik mobil harus mengetahui apa penyebab dari mobil yang mogok.

Bila dua faktor yang disebutkan sebelumnya tidak bermasalah, maka pemilik mobil harus menemukan sumber permasalahan yang lain guna mengetahui penyebabnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.