Kompas.com - 21/01/2022, 17:41 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Spoiler pada mobil memiliki fungsi yang serupa dengan wings pada mobil balap. Tujuannya adalah untuk menambah tekanan pada mobil, sehingga mobil tetap stabil walaupun saat sedang melaju pada kecepatan tinggi.

Pada kebanyakkan mobil kecil seperti city car, ada spoiler berbentuk pipih yang terpasang di bagian atas pintu bagasi atau kaca belakangnya.

Walaupun membuat mobil terlihat sporty, spoiler pada mobil bukannya sekedar aksesoris saja. Pada mobil-mobil kecil yang berbobot ringan, spoiler berguna untuk menekan mobil agar tidak menimbulkan kesan melayang saat sedang melaju.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Spoiler Sebelum Dipasang di Mobil

Owner Hendy Spoiler WTC Mangga Dua, Hendy menjelaskan bahwa spoiler memiliki fungsi lain di samping aksesoris.

"Selain menambah tampilan mobil lebih elegan atau sporty, fungsi lainnya menambah tekanan mobil ke bawah, terutama untuk city car yang ringan," jelas Hendy saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Karena bobotnya yang ringan, mobil jenis city car bisa terasa limbung atau melayang jika dipacu dengan kecepatan tinggi.

Bobot city car berkisar dari 800 kg hingga 1 ton, membuatnya lebih ringan dari kebanyakan mobil lain.

Toyota Agya GR SportTAM Toyota Agya GR Sport

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Mana yang Lebih Bertenaga?

Adanya spoiler kemudian menambah downforce pada mobil, atau menambah tekanan angin agar cengkeraman ban ke jalan semakin kuat. Sehingga, mobil dapat melaju stabil walaupun dalam kecepatan tinggi.

Pada mobil-mobil kecil, biasanya produsen sudah melengkapi mobil dengan spoiler di bagian atas pintu bagasi. Sehingga, pengguna tidak perlu melakukan modifikasi atau membeli tambahan spoiler.

Modifikasi spoiler belakang juga seringkali harus diimbangi dengan pemasangan spoiler depan, untuk mengimbangi tekanan udara. Ini juga bisa menjadi kendala tersendiri, khususnya untuk mobil city car yang ukurannya relatif kecil.

Spoiler depan juga berpotensi rusak dipasang pada mobil harian yang kerap melewati jalan berkontur tidak rata.

"Saya pribadi tidak menyarankan untuk memasang lips bila mobilnya sudah ceper," kata Hendy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.