Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Spoiler pada City Car

Kompas.com - 21/01/2022, 17:41 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Spoiler pada mobil memiliki fungsi yang serupa dengan wings pada mobil balap. Tujuannya adalah untuk menambah tekanan pada mobil, sehingga mobil tetap stabil walaupun saat sedang melaju pada kecepatan tinggi.

Pada kebanyakkan mobil kecil seperti city car, ada spoiler berbentuk pipih yang terpasang di bagian atas pintu bagasi atau kaca belakangnya.

Walaupun membuat mobil terlihat sporty, spoiler pada mobil bukannya sekedar aksesoris saja. Pada mobil-mobil kecil yang berbobot ringan, spoiler berguna untuk menekan mobil agar tidak menimbulkan kesan melayang saat sedang melaju.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Spoiler Sebelum Dipasang di Mobil

Owner Hendy Spoiler WTC Mangga Dua, Hendy menjelaskan bahwa spoiler memiliki fungsi lain di samping aksesoris.

"Selain menambah tampilan mobil lebih elegan atau sporty, fungsi lainnya menambah tekanan mobil ke bawah, terutama untuk city car yang ringan," jelas Hendy saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Karena bobotnya yang ringan, mobil jenis city car bisa terasa limbung atau melayang jika dipacu dengan kecepatan tinggi.

Bobot city car berkisar dari 800 kg hingga 1 ton, membuatnya lebih ringan dari kebanyakan mobil lain.

Toyota Agya GR SportTAM Toyota Agya GR Sport

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Mana yang Lebih Bertenaga?

Adanya spoiler kemudian menambah downforce pada mobil, atau menambah tekanan angin agar cengkeraman ban ke jalan semakin kuat. Sehingga, mobil dapat melaju stabil walaupun dalam kecepatan tinggi.

Pada mobil-mobil kecil, biasanya produsen sudah melengkapi mobil dengan spoiler di bagian atas pintu bagasi. Sehingga, pengguna tidak perlu melakukan modifikasi atau membeli tambahan spoiler.

Modifikasi spoiler belakang juga seringkali harus diimbangi dengan pemasangan spoiler depan, untuk mengimbangi tekanan udara. Ini juga bisa menjadi kendala tersendiri, khususnya untuk mobil city car yang ukurannya relatif kecil.

Spoiler depan juga berpotensi rusak dipasang pada mobil harian yang kerap melewati jalan berkontur tidak rata.

"Saya pribadi tidak menyarankan untuk memasang lips bila mobilnya sudah ceper," kata Hendy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com