Kompas.com - 21/01/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha R15M merupakan senjata baru Yamaha di segmen motor sport full fairing 150cc. Motor bergaya sporty ini mendapat ubahan di eksterior dan tambahan fitur.

Sebelumnya Kompas.com sudah me-review tak lama usai diluncurkan, kemudian menjajalnya sebentar di Sirkuit Sentul. Kini, Kompas.com kencan beberapa hari di jalanan Ibu Kota.

Baca juga: Perhatikan Etika Pindah Lajur Saat Berkendara Mobil

Pertama naik R15M ialah merasakan posisi duduk. Pada dasarnya posisi kaki dan tangan tidak beda jauh dengan R15 generasi sebelumnya, sehingga yang pernah mencoba pasti terbiasa.

Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th AnniversaryFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th Anniversary

Setang R15M sudah underyoke, buat rider Kompas.com dengan postur 168cm dan berat 76 kg masih cukup nyaman.

Kemudian dengan tinggi jok 815 mm maka pengendara dengan tinggi badan di bawah 170cm akan sedikit jinjit. Namun, masih dalam batas toleransi, tidak seperti jinjitnya balerina.

Mesin menyala dan gas diputar. Tarikan mesinnya cukup familiar dengan model sebelumnya. Tenaga mengisi dari putaran bawah sampai atas dengan distribusi yang baik.

Di atas kertas R15M mengusung mesin 155.09 cc, satu silinder, 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA, berpendingin cairan. Diameter x langkah 58.0 x 58.7 mm dan ompresi 11.6±0.4 : 1.

Baca juga: Dorong Literasi, AHM Gelar Cerdas Cermat Virtual Siswa

Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th AnniversaryFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th Anniversary

Mesin mampu menghasilkan tenaga 19 tk atau 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Yamaha R15M dibekali dengan quickshifter. Fitur ini sering dijumpai pada motor gede (moge), terutama yang berjenis sport fairing.

Fitur ini memungkinkan pengendara melakukan pengoperan gigi ke atas tanpa perlu menekan tuas kopling. Sehingga proses perpindahan gear menjadi lebih cepat dan nyaman untuk mendukung akselerasi berkendara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.