Kompas.com - 13/01/2022, 18:41 WIB
Bodykit wings pada supercar. Dok. Karma BodyKitBodykit wings pada supercar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, opsi modifikasi kendaraan mudah diakses oleh pemilik kendaraan dari berbagai kalangan dengan kisaran harga yang cukup variatif.

Pilihan modifikasi wings mobil saat ini juga mudah ditemukan, namun pemakaian wings harus tetap memperhatikan kondisi dan kebutuhan mobil.

Sayap belakang atau wings pada mobil biasanya digunakan pada mobil balap dan supercar. Wings dapat membantu memberi kontrol kendaraan yang baik, khususnya pada mobil-mobil yang melaju dengan kecepatan di atas rata-rata dan berperforma tinggi.

Baca juga: Modifikasi Mobil Bukan Sekadar Keren, tapi Tanggung Jawab

Kemudian, wings biasanya digunakan pada mobil-mobil yang melaju di sirkuit, bukan di jalan raya. Wings berfungsi menghasilkan tekanan pada mobil sehingga menambah traksi.

Bentuk wings biasanya berbeda-beda, tergantung dari pabrik atau produsen mobil masing-masing merk.

Namun, pemasangan wings pada mobil juga bukannya sekedar gaya. Jika tidak sesuai kebutuhan, wings justru dapat menurunkan performa mobil.

Bodykit Karma 86 Version 2Dok. Karma Bodykit Bodykit Karma 86 Version 2

Baca juga: Tren Modifikasi Mobil 2022, Bodykit Tak Sekadar Fashion

Founder Karma BodyKit Kiki Anugraha menjelaskan, wings pada mobil umumnya untuk memenuhi kebutuhan aerodinamika atau menentukan arah angin agar tidak menghambat laju mobil.

"Arah angin juga sangat diperhitungkan untuk aerodynamic. Angin tersebut bisa diarahkan ke sektor-sektor yang kegunaan untuk mendinginkan," ujar Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Dengan keberadaan wings, Kiki menjelaskan bahwa angin dapat diarahkan untuk mendinginkan komponen-komponen pada mobil yang cepat panas, seperti rem dan intercooler.

Selain untuk mendinginkan mesin, wings juga dapat mempercantik tampilan mobil.

"Untuk memodifikasi bodykit, wings kegunaannya terutama untuk aerodynamic, dan juga akan mengikuti estetika agar lebih terlihat bagus di mata," kata dia.

Walaupun begitu, wings berbeda dengan spoiler. Karena tidak sekedar untuk gaya, wings dapat memberikan kestabilan dan mengakselerasi performa mobil, khususnya ketika mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.