Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mobil Bukan Sekadar Keren, tapi Tanggung Jawab

Kompas.com - 08/01/2022, 10:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempercantik tampilan mobil dengan modifikasi menjadi hal yang kerap dilakukan pemilik mobil. Kendaraan roda empat ini diubah dengan menambahkan beberapa aksesori atau bahkan mengganti bentuk elemen lainnya.

Ada yang hanya sekadar gaya, tetapi ada pula yang memilih untuk melengkapi keamanan saat berkendara.

Namun, modifikasi mobil bukan sekadar mengejar kata keren, tapi butuh tanggung jawab karena jangan sampai membuat fungsi keamanan mobil terganggu

“Kalau bicara modifikasi menurut saya tidak perlu jika kendaraan hanya dipakai untuk jalan umum. Di jalan umum sudah sesuai standar umum lalu lintas. Jika memodifikasi tidak sesuai aturan, sekecil apa pun kita sudah melanggar,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana saat dihubungi Kompas.com baru-baru ini.

Baca juga: 2 Pilihan Pelek Aftermarket Lokal untuk Vespa Matik

Mobil juga telah diciptakan mengikuti standar aturan berkendara yang ada, bila asal memodifikasi akan mengurangi fungsinya. Terlalu berlebihan modifikasi justru membuat keamanan berkendara terganggu.

Modifikasi yang kerap dilakukan adalah mengubah lampu mobil, pelek, warna mobil, kaki-kaki, suspensi, body kit, atau bahkan menempelkan banyak stiker pada bodi atau kaca mobil.

“Memang banyak sekali modifikasi yang menggiurkan pengguna mobil, apalagi jika kita sudah nongkrong di tempat bengkel umum banyak sekali yang bisa disematkan. Namun, ini justru membuat mobil seperti ondel-ondel,” kata Sony.

Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HCDok. Kustomfest Modifikasi mobil Daihatsu Charmant garapan Hendro HC

Menurut Sony, pemilik mobil wajib memikirkan dulu tujuan melakukan modifikasi untuk apa. Menyesuaikan dengan kebutuhan adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Modifikasi diperbolehkan selama tidak berlebihan dan tidak melenceng dari standar keamanan berkendara.

Meskipun memiliki dana yang memadai, modifikasi juga harus memikirkan pengguna jalan lainya. Jangan sampai mobil menjadi sumber masalah untuk pengendara lain setelah mobil lakukan modifikasi.

Baca juga: Ini Prediksi Tren Modifikasi Lampu Mobil di Tahun 2022

Apalagi saat ini banyak yang salah kaprah menggunakan lampu LED di belakang mobil. Pada saat mobil melakukan rem akan berbahaya. Pengendara mobil lain yang ada di belakang akan terganggu oleh cahaya lampu LED tersebut.

Ketika mobil melakukan rem, lampu akan memancarkan cahaya yang terang dan mengganggu penglihatan. Karena silau, ini dapat memicu potensi kecelakaan bagi pengendara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com