Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Sekedar Gaya, Ini Kegunaan Wings pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, opsi modifikasi kendaraan mudah diakses oleh pemilik kendaraan dari berbagai kalangan dengan kisaran harga yang cukup variatif.

Pilihan modifikasi wings mobil saat ini juga mudah ditemukan, namun pemakaian wings harus tetap memperhatikan kondisi dan kebutuhan mobil.

Sayap belakang atau wings pada mobil biasanya digunakan pada mobil balap dan supercar. Wings dapat membantu memberi kontrol kendaraan yang baik, khususnya pada mobil-mobil yang melaju dengan kecepatan di atas rata-rata dan berperforma tinggi.

Kemudian, wings biasanya digunakan pada mobil-mobil yang melaju di sirkuit, bukan di jalan raya. Wings berfungsi menghasilkan tekanan pada mobil sehingga menambah traksi.

Bentuk wings biasanya berbeda-beda, tergantung dari pabrik atau produsen mobil masing-masing merk.

Namun, pemasangan wings pada mobil juga bukannya sekedar gaya. Jika tidak sesuai kebutuhan, wings justru dapat menurunkan performa mobil.

Founder Karma BodyKit Kiki Anugraha menjelaskan, wings pada mobil umumnya untuk memenuhi kebutuhan aerodinamika atau menentukan arah angin agar tidak menghambat laju mobil.

"Arah angin juga sangat diperhitungkan untuk aerodynamic. Angin tersebut bisa diarahkan ke sektor-sektor yang kegunaan untuk mendinginkan," ujar Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Dengan keberadaan wings, Kiki menjelaskan bahwa angin dapat diarahkan untuk mendinginkan komponen-komponen pada mobil yang cepat panas, seperti rem dan intercooler.

Selain untuk mendinginkan mesin, wings juga dapat mempercantik tampilan mobil.

"Untuk memodifikasi bodykit, wings kegunaannya terutama untuk aerodynamic, dan juga akan mengikuti estetika agar lebih terlihat bagus di mata," kata dia.

Walaupun begitu, wings berbeda dengan spoiler. Karena tidak sekedar untuk gaya, wings dapat memberikan kestabilan dan mengakselerasi performa mobil, khususnya ketika mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/184100515/bukan-sekedar-gaya-ini-kegunaan-wings-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke