Pilihan Skutik 150 cc Bekas di Bawah Rp 20 Juta

Kompas.com - 12/01/2022, 08:12 WIB
Yamaha Aerox 155 VVA mengemban mesin yang sama dengan NMAX. YIMMYamaha Aerox 155 VVA mengemban mesin yang sama dengan NMAX.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jenis skuter matik (skutik) bisa dikatakan kini merajai pasar otomotif roda dua Tanah Air. Hal tersebut nampak dari populasinya di jalanan yang mendominasi.

Menilik data penjualan sepeda motor nasional yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), segmen skutik berkontribusi sebanyak 87,58 persen dari total penjualan 5 juta sepeda motor pada 2021.

Skutik sendiri terbagi dalam beberapa kelas yang didasarkan pada kubikasi mesinnya. Untuk kelas 150 cc yang kerap dijuluki kelas skutik bongsor, terdapat sejumlah nama seperti Yamaha Nmax, Yamaha Aerox, Honda PCX, Honda ADV, hingga Honda Vario 150.

Baca juga: Bocoran Honda Super Cub Versi 2022, Pakai Mesin Baru 110 cc

Persaingan di segmen skutik premium dimulai.Yamaha/Honda Persaingan di segmen skutik premium dimulai.

Skutik bongsor menawarkan tenaga yang mirip motor sport, namun tetap memberikan kenyamanan berkendara di jalanan perkotaan. Posisi duduk pada skutik bongsor pun dinilai lebih ergonomis dengan setang yang lebih tinggi dibanding skutik entry level yang dimensinya lebih kecil.

Per Januari 2022, banderol skutik bongsor baru menyentuh angka Rp 20 jutaan, bahkan hingga Rp 30 jutaan. Angka yang terlampau mahal bagi sebagian kalangan. Dengan dana terbatas, tentu berburu unit bekasnya jadi solusi paling masuk akal.

Menilik bursa motor bekas daring, Rabu (12/1/2022), dengan mematok harga di bawah Rp 20 juta, hampir semua produk skutik bongsor bisa ditemukan.

Sayangnya khusus Honda ADV tidak ada dalam kisaran harga tersebut. Banderol unit bekasnya masih bertahan di angka Rp 20 jutaan.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

All New Honda Vario 150 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI All New Honda Vario 150 2018.

Harap diingat, harga jual skutik bongsor bekas yang akan dijabarkan di bawah bisa saja berbeda antar penjual. Hal tersebut disebabkan berbagai faktor seperti kondisi unit, varian warna, hingga status pajak kendaraannya.

Hindari membeli motor bekas dengan surat-surat yang tidak lengkap. Selain menyulitkan kepengurusan administrasi seperti balik nama, ada risiko motor bekas tersebut merupakan hasil tindak kriminal.

Berikut pilihan skutik bongsor bekas dengan banderol kurang dari Rp 20 juta per Januari 2022.

  • Honda PCX tahun 2012 harga Rp 17,9 juta
  • Honda Vario 150 tahun 2018 harga Rp 18 juta
  • Honda Vario 150 tahun 2019 harga Rp 19,5 juta
  • Yamaha Nmax tahun 2016 harga Rp 19 juta
  • Yamaha Nmax tahun 2017 harga Rp 19,5 juta
  • Yamaha Aerox tahun 2017 harga Rp 18,9 juta
  • Yamaha Aerox tahun 2019 harga Rp 19,5 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.