Siap Dibahas Lagi, Kapan Sanksi Tilang Uji Emisi Diterapkan?

Kompas.com - 12/01/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui Dinas Perhubungan (Dishub), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan kembali membahas implementasi penerapan tilang bagi kendaraan yang tak lulus uji emisi.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pembahasan bersama instansi-instansi terkait bakal dilakukan dalam waktu dekat, terutama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

"Dalam waktu dekat, kita usahakan di bulan ini akan kami bahas lagi bagimana evaluasi dan persiapannya dengan Dinas Lingkungan Hidup. Karena waktu itu memang sudah ada target di awal 2022," ujar Syafrin kepada Kompas.com, Senin (11/1/2022).

Lebih lanjut Syafrin mengatakan, terkait evaluasi yang akan dibahas adalah mengenai kendala-kendala apa saja yang dihadapi, baik untuk saat ini atau ke depannya.

Baca juga: Tanpa Diskon Pajak, Masih Ada Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Antrean kendaraan roda dua ASN yang akan mengikuti uji emisi gratis yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (20/12/2021).Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara Antrean kendaraan roda dua ASN yang akan mengikuti uji emisi gratis yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (20/12/2021).

Bila hasil koordinasi sudah menemukan titik terang, maka dalam waktu dekat akan diputuskan kapan sanksi tilang terhadap kendaraan yang beroperasi di Jakarta bisa mulai dilakukan.

"Targetnya sudah ditetapkan, tapi tentu kita akan dengar dulu terkait kendala-kendalanya, lalu kita evaluasi agar saat nanti dilaksanakan atau kami implementasi sanksinya bisa lebih firm," ujar Syafrin.

Penerapan  sanksi tilang kendaraan yang tak lulus uji emisi di Jakarta harusnya berlangsung mulai 13 November 2021. Namun dibatalkan karena beberapa alasan.

Salah satunya karena jumlah kendaran yang sudah menjalani tes emisi dianggap masih sangat rendah, kurang dari 50 persen.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kamper Bisa Naikkan Nilai Oktan Bensin?

Berdasarkan catatan KLH DKI, jumlah kendaraan bermotor yang sudah melakukan uji emisi baru sekitar 10 sampai dengan 15 persen.

Uji emisi kendaraan di Perumahan Pesona Khayangan Depok, Sukmajaya pada Selasa (16/11/2021).Dok. Satlantas Polres Metro Depok Uji emisi kendaraan di Perumahan Pesona Khayangan Depok, Sukmajaya pada Selasa (16/11/2021).

Selain itu, jumlah bengkel ujinya juga masih terbatas. Data pada November 2021 lalu, total baru 254 bengkel uji emisi kendaraan roda empat dan 15 untuk roda dua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.