Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Resmi Buka Pendaftaran Balapan Liar, Ini Syaratnya

Kompas.com - 12/01/2022, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana untuk menggelar balapan liar atau street race di Jakarta Utara pada 16 Januari 2022.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pendaftaran balap resmi bagi pembalap liar di Jakarta telah dibuka mulai hari ini, Selasa (11/1/2022).

“Siang ini kami publish, dibuka pendaftarannya secara online. Nanti link-nya bisa didapatkan di loket.com,” ucap Sambodo saat dikonfirmasi, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Punya Rencana Beli Mobil, Lakukan Ini Saat Test Drive

Sambodo melanjutkan, pihaknya akan membatasi pendaftaran balapan perdana ini, yakni dengan maksimal 350 peserta.

“Sebanyak 350 pendaftar pertama bisa ikut balapan perdana tanggal pada 16 Januari 2022,” kata dia.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta yang ingin mengikuti lomba balapan tersebut. Salah satunya, peserta di bawah 17 tahun harus bisa menunjukkan bukti izin dari orangtua.

Ilustrasi ajang Indodrag ChampionshipDok. Indodrag Championship Ilustrasi ajang Indodrag Championship

“Ada syarat lainnya yang bisa dilihat secara lengkap melalui link pendaftaran online,” katanya.

Rencananya, terdapat tujuh kelas street race yang akan diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, antara lain kelas motor sport dua tak, bebek dua tak, bebek empat tak, serta kelas Vespa. Total tujuh kelas yang tersedia disebut berdasarkan hasil diskusi dari komunitas.

Baca juga: Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Efek Buruknya

“Itu opini dari komunitas. Selain itu, motor hasil modifikasi juga boleh (mengikuti perlombaan) enggak ada masalah, nanti ada tim yang akan menilai,” ucap Sambodo.

Pihaknya juga telah menyiapkan lintasan sepanjang 800 meter, untuk drag race 500 meter, dan 300 meter sisanya untuk pengereman.

Adanya arena balap ini nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dan para pembalap liar dapat dibina sesuai dengan kemampuannya agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com