Pilihan Mobil Bekas Rp 60 Jutaan, dari LCGC sampai SUV

Kompas.com - 10/01/2022, 13:12 WIB
Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo Baru Rizen PanjiPotret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kendaraan roda empat memang menjadi impian setiap orang. Hanya saja, ketersediaan anggaran sering menjadi kendala untuk mendapatkan mobil kondisi baru.

Awal 2022, kebijakan mengenai kelanjutan insentif Pajak Penjualan atas Barang mewah (PPnBM) yang membuat harga mobil baru menjadi lebih mjrah masih belum diketahui kelanjutannya.

Baca juga: Buat Pemula yang Menyetir di Jalan Tol, Tolong Perhatikan Hal Ini

 

Kondisi itu tentu saja membuat produsen mobil kembali menaikkan harga produk mereka tanpa adanya diskon PPnBM dari pemerintah. Kenaikannya juga cukup lumayan untuk beberapa jenis mobil.

Sebagai alternatif, banyak yang kemudian memilih membeli mobil setengah pakai. Meski statusnya sebagai mobil bekas pakai, tetapi kondisinya bukan berarti tidak ada yang bagus.

Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Sebaliknya, sekarang banyak mobil seken yang kondisinya masih bagus. Selain itu, harga yang ditawarkannya pun semakin beragam.

Misalkan saja dengan harga Rp 60 jutaan, konsumen bisa memilih berbagai tipe mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Yamaha Punya Skutik Baru Calon Pesaing Honda ADV 150

Dengan kisaran harga tersebut, bisa dipastikan pilihan mobil sekennya secara usia produksi dan masa pakai juga sudah cukup lama. Rata-rata berkisara di atas 8 tahun lebih.

Tapi bukan berarti tidak ada yang muda, karena untuk pilihan mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), dari hasil survei yang redaksi lalukan di beberapa situs jual beli mobil bekas pada Senin (10/1/2022), masih ada yang ditawarkan dengan kisaran tersebut.

Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).Ari Purnomo Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).

Berikut pilihan mobil bekas dengan harga Rp 60 jutaan:

Baca juga: Ketemu Lubang di Jalan Tol, Ini yang Harus Dilakukan

MPV
Daihatsu Xenia tahun 2008 harga Rp 69,5 juta
Toyota Kijang tahun 2000 harga Rp 68 juta
Daihatsu Taruna tahun 2000 harga Rp 60 juta
Daihastsu Xenia tahun 2004 harga Rp 64,5 juta
Hyundai Trajet tahun 2005 harga Rp 65 juta
Toyota Avanza tahun 2004 harga Rp 70 juta
Toyota Kijang tahun 1997 harga Rp 65 juta
Proton Exora tahun 2009 harga Rp 65 juta
Suzuki APV tahun 2007 harga Rp 67 juta
Honda Odyssey tahun 2001 harga Rp 70 juta

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.