Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex untuk Mobil Mesin Diesel

Kompas.com - 10/01/2022, 12:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil mesin diesel menggunakan bahan bakar jenis solar. Ada beberapa jenis solar di pasaran dan yang paling umum adalah keluaran Pertamina, yakni Dexlite dan Pertamina Dex.

Meski kedua bahan bakar tersebut bisa digunakan untuk mesin diesel, tapi tentu ada perbedaan yang mendasar. Perbedaan tersebut terletak pada nilai Cetane Number (CN) atau angka setana.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Kekurangan Mobil Mesin Diesel

"Dexlite memiliki CN 51 sementara Pertamina Dex CN 53," ujar Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, dikutip dari Pertamina.com, Senin (10/1/2022).


Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.

Brasto menambahkan, semakin tinggi nilai CN pada bahan bakar diesel, maka semakin tinggi juga performa yang akan dihasilkan oleh mesin tersebut.

Dengan Pertamina Dex memiliki nilai CN paling tinggi, maka menurut Brasto, solar tersebut menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Sehingga, mampu membersihkan ruang mesin dari karat dan keausan.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

“Sehingga mesin lebih awet dan bebas karat akibat pembakaran yang tidak sempurna,” kata Brasto.

Ilustrasi Dexlite dan Pertamina DexPertamina Ilustrasi Dexlite dan Pertamina Dex

Brasto mengatakan, Dexlite dan Pertamina Dex masuk ke dallam kategori bahan bakar yang ramah lingkungan. Sebab, kandungan sulfur pada gas buang lebih rendah.

Dexlite memiliki kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm. Sedangkan pada Pertamina Dex, kandungan sulfurnya lebih sedikit lagi, yakni kurang dari 300 ppm, serta telah memenuhi standar Euro 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com