Tekan Kecelakaan, Polisi Siapkan Pelatihan Sopir Bus Transjakarta

Kompas.com - 23/12/2021, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Maraknya kasus kecelakaan yang dialami bus Transjakarta sepanjang tahun ini, memicu sejumlah pihak untuk mengatasi masalah tersebut.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) misalnya, mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait masalah rentetan kecelakaan TransJakarta belakangan ini.

Rekomendasi tersebut berupa perbaikan keselamatan dari manajemen TransJakarta, peningkatan keamanan lintasan, hingga penambahan divisi khusus yang mengelola manajemen risiko sebagai penjamin keselamatan.

Baca juga: Dampak Mesin Diesel Tenggak Solar Nonstandar

Baca juga: Sirkuit Mandalika Fokus Berbenah Jelang MotoGP 2022

Sebuah bus TransJakarta melintas saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas akan memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor-sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sebuah bus TransJakarta melintas saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas akan memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor-sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Tak hanya itu, dari Ditlantas Polda Metro Jaya pun berencana untuk memberikan pelatihan khusus buat para pengemudi bus Transjakarta.

“Kami dari jajaran Kepolisian tentunya sangat mendukung apa yang sudah disampaikan KNKT dan ini harus dilaksanakan oleh pihak TransJakarta,” ujar AKBP Argo Wiyono, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, di Jakarta (22/12/2021).

Argo juga mengatakan, kepolisian berencana untuk meningkatkan kemampuan berkendara sopir Transjakarta, yang belakangan ini kerap terlibat dalam sejumlah kecelakaan.

Baca juga: Kejadian Lagi, Ban Truk Pecah di Tol Membahayakan Pengemudi Lain

Baca juga: Prihatin Melihat Kondisi Repsol Honda Sekarang

Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).

"Kami mendukung evaluasi pendekatan kompetensi pengemudi melalui bus academy," ucap Argo.

"Jadi kami akan mengirim para polisi terbaik kami dalam pelatihan keahlian dan sikap mengemudi. Dengan ini ke depannya semoga Transjakarta semakin baik," kata dia.

Argo menambahkan, dengan rekomendasi KNKT dan langkah kepolisian tersebut, diharapkan jumlah kecelakaan bus Transjakarta pada 2022 mendatang bisa berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.