Kompas.com - 23/12/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) menjadi salah satu peserta pada Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2021. Pada KOC kali ini, redaksi mencari kendaraan dengan emisi terendah alternatif dari kendaraan listrik berbasis baterai.

Setelah menjelajah sekitar 624,9 kilometer dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Solo-Yogyakarta, Prius PHEV berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar 19,47 km per liter yang dihitung dengan metode full to full.

Konsumsi bahan bakar tersebut didapatkan dengan kondisi mobil dibawa dalam kecepatan tinggi di tol dan berkeliling di perkotaan. Lalu bagaimana Prius PHEV bisa punya konsumsi bahan bakar yang hemat?

Baca juga: Kejadian Lagi, Ban Truk Pecah di Tol Membahayakan Pengemudi Lain

Instrument Cluster Toyota Prius PHEVKOMPAS.com/GILANG Instrument Cluster Toyota Prius PHEV

Prius PHEV bisa dibilang kendaraan yang satu tingkat di atas hybrid dalam soal kecanggihannya. Layaknya kendaraan hybrid, Prius PHEV punya dua sumber tenaga untuk menggerakkan rodanya, mesin bensin konvensional dan motor listrik.

Untuk mesin, Prius PHEV menggunakan mesin 1.798 cc Hybrid Synergy Drive yang menghasilkan tenaga 96,5 TK di 5.200 rpm dan torsi 142 Nm di 3.600 rpm. Sedangkan untuk motor listriknya menghasilkan tenaga 71 TK dan torsi 163 Nm.

Kedua sumber tenaga tadi bekerja beriringan ketika mobil dikendarai. Jika berjalan dalam kecepatan yang konstan, mesin bensin turut mengisi baterai yang ada di bagasi Prius PHEV.

Baca juga: Prihatin Melihat Kondisi Repsol Honda Sekarang

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Kemudian ketika dikemudikan di kecepatan rendah, mobil berjalan dengan kondisi full listrik, sehingga bahan bakar tidak terpakai sedikit pun. Perbedaan dengan hybrid biasa, Prius PHEV punya kapasitas baterai lebih besar (25 Ah) dan bisa dicas lewat colokan di bagian kanan kendaraan.

Ketika baterai dalam kondisi penuh, Prius PHEV bisa berjalan dengan electric mode. Memang dengan kapasitas penuh, Prius PHEV punya jarak tempuh yang tidak begitu jauh, sekitar 40 km sampai 60 km.

Namun perlu diingat, ketika Prius PHEV menggunakan mode electric, tidak ada bahan bakar yang terbuang. Tentu saja tambahan 40 km sampai 60 km ini sangat membantu konsumsi bahan bakar dari Prius PHEV dibanding kendaraan dengan mesin konvensional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.