Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Rawat Suspensi Pintu Belakang Mobil

Kompas.com - 19/12/2021, 15:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu bagasi atau pintu belakang mobil yang dibuka dengan cara diangkat dilengkapi semacam suspensi hidraulis yang menyangga pintu agar tetap terbuka.

Apabila komponen ini rusak, pintu belakang tidak akan bisa terbuka dengan sempurna. Pintu bakal menutup dengan sendirinya. Hal ini jelas membahayakan pengemudi atau penumpang yang akan memasukkan atau mengeluarkan barang dari bagasi.

Demi menjaga komponen penyangga pintu bagasi ini tetap awet dan bisa menahan pintu yang terbuka dengan sempurna, butuh perawatan rutin.

Baca juga: Viral SPBU Pertamina Disebut Tak Bisa Lagi Bayar Tunai, Ini Penjelasan Pertamina

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa merawat suspensi hidraulis ini terbilang sederhana.

"(Komponen ini) biasa disebut stay backdoor, perawatannya hanya membersihkan batang hidraulisnya pada saat menyangga pintu terbuka," ujar Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tampilan ruang bagasi BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANODINO OKTAVIANO Tampilan ruang bagasi BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO

Ia menjelaskan, kotoran seperti debu yang menempel dan tertumpuk pada batang hidraulis bisa menyebabkan karet seal-nya rusak. Jika karet ini rusak, maka zat pelumas di dalamnya bisa bocor.

Baca juga: Ada Xenia Baru, Konsumen Justru Pilih Model Lama

Didi turut menambahkan, deteksi kerusakan pada perangkat stay backdoor bisa dirasakan ketika membuka dan menutup pintu bagasi. Akan terdengar bunyi pada batang hidraulisnya yang bergerak.

Solusi jika komponen ini rusak hanyalah dengan menggantinya. Sebab piranti stay backdoor ini tidak bisa diservis.

Penggantiannya pun wajib sepasang meski yang rusak hanya sebelah. Pasalnya jika hanya diganti pada satu sisi saja, besar kemungkinan usia pakainya tidak lama karena perbedaan kekuatan saat menyangga pintunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com