Kompas.com - 19/12/2021, 13:31 WIB
Juara HMC 2021, National Champion Matic & Cub Fikri Alhudari, National Champion Sport Jonny Fressaner, National Champion FFA Rifai Nurhasan . HMCJuara HMC 2021, National Champion Matic & Cub Fikri Alhudari, National Champion Sport Jonny Fressaner, National Champion FFA Rifai Nurhasan .

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah melewati persaingan ketat, akhirnya para dewan juri resmi memutuskan pemenang final battle Honda Modif Contest (HMC) 2021 yang dihelat secara offline di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (18/12/2021).

Meski pelaksaan tahun ini berjalan dengan keterbatasan guna mematuhi protokol kesehatan, tapi keseruan kontes modifikasi yang dihelat PT Astra Honda Motor (AHM) tetap terasa. Apalagi ini menjadi ajang yang dinanti setelah pada 2020 ditiadakan kerena pandemi Covid-19.

Andhika Sabmarin, Brand Activation Manager PT AHM mengatakan, meski ajang final battle HMC kali ini tak berlangsung seperti kondisi normal, namun adanya acara kali ini menjadi wujud konsistensi AHM dalam memberikan ruang bagi para modifikator untuk tetap berkarya.

"HMC sendiri lahir di Surabaya, meski final battle berlangsung beda dengan kondisi nornal, tapi semangat kami tetap ingin memberikan ruang bagi modifikator Honda untuk bisa menuangkan hobi dan kreativitasnya," ucap Andhika di Surabaya, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Puluhan Modifikasi Motor Honda Ramaikan Final Battle HMC 2021 Surabaya

Menariknya, meski dalam kondisi pandemi yang banyak keterbatasan, namun tak menyurutkan semangat para modifikator lokal berinovas. Hal ini dibuktikan dari karya yang dihadirkan dan diklaim juri cukup mengejutkan.

Honda Modif Contest 2021KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Modif Contest 2021

Hasil sentuhan akhir modifikasi yang dilakukan finalis rata-rata berbeda dengan tampilan awal yang sebelumnya dinilai secara daring. Hal ini jadi salah satu bukti bila sudah ada peningkatan dari para modifikator di Tanah Air.

"Peserta mampu memberikan banyak hal baru di ajang HMC kali ini. Untuk saya sendiri hal itu menjadi peningkatan, mulai painting baru, sampai teknik penyempurnaan modif. Menariknya sudah terlihat para modifikator memiliki konsep dalam membuat modifikasi, dan secara karya tidak kalah dengan modifikasi di masa normal," ujar Hidayat Prio Wibowo (Yayack/Retro Syndicate), selaku dewan juri HMC.

Seperti diketahui, sebelum memasuki babak final, proses penjurian 668 peserta yang berasal dari 12 provinsi di Indonesia berlangsung secara online. Dari jumlah tersebut, juri berhasil menyaring 108 finalis dari sembilan kelas yang dibuka untuk maju berkompetisi ke tahap final di Kota Pahlawan.

Pemenang Honda Modif Contest 2021KOMPAS.com/STANLY RAVEL Pemenang Honda Modif Contest 2021

Namun setelah dilakukan scrutineering akhir, hanya ada 94 karya modifikasi motor Honda hasil olahan modifikator lokal dari bergam daerah yang dinyatakan layak sesuai regulasi untuk melanjut ke karpet merah kompetisi.

Baca juga: Catat, Ini Aturan Terbaru Perjalanan Darat Selama Libur Nataru

Dari total 94 modifikasi sepeda motor Honda yang berhak maju di karpet merah final battle, ada beberapa karya yang berasal dari ragam wilayah berhasil naik panggung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.