Manfaat Servis Mobil Pakai Scanner, Diagnosa Akurat tapi Bukan Jaminan

Kompas.com - 19/12/2021, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan rahasia kalau konsumen terkadang lebih suka pelayanan bengkel umum ketimbang bengkel resmi. Ada banyak alasannya, mulai dari harga yang lebih murah, lokasi terjangkau, hingga hasil kerja yang lebih baik.

Namun pastikan bengkel umum yang Anda pilih telah menggunakan alat scanner atau pemindai untuk mendiagnosa mobil, khususnya buat Anda para pemilik mobil yang sudah mengusung teknologi injeksi.

Stevanus Jasin, penggawa bengkel Provis Autolab, mengatakan, scanner adalah alat khusus untuk mendeteksi adanya kerusakan di mesin dan sistem kelistrikan. Cara kerja alat ini dengan mencoloknya ke soket OBD (on board diagnostic).

Baca juga: Catat, Ini Aturan Terbaru Perjalanan Darat Selama Libur Nataru

Ilustrasi alat scanner mobil Ancel OBD2Dok. Shopee Ilustrasi alat scanner mobil Ancel OBD2

Scanner hanya bisa digunakan di mobil-mobil yang sudah mengggunakan ECU, atau yang sudah sistem injeksi,” ucap Jasin, kepada Kompas.com (17/12/2021).

“Karena data yang diberikan ke scanner itu berasal dari sensor-sensor di mesin dan di fungsi kelistrikan,” kata dia.

Meski begitu, Jasin mengatakan, tidak semua komponen mobil bisa dideteksi menggunakan scanner. Terlebih untuk mobil-mobil yang masih mengusung sistem pengabutan dengan karburator.

Baca juga: Ganjil Genap Akan Diuji di Tol Karawang Barat dan Timur

Ilustrasi servis mobilDOK. PEXELS Ilustrasi servis mobil

“Tidak semua area di mesin dan di kelistrikan mobil ada sensornya, jadi tidak semua kerusakan bisa terdeteksi dengan scanner, atau juga apabila sensor yang bersangkutan tidak berfungsi dengan baik,” ucap Jasin.

Meski begitu, kehadiran scanner jelas mempermudah kerja para mekanik dan teknisi di bengkel umum. Mereka jadi bisa lebih akurat dalam mendiagnosa kerusakan mobil.

“Alat scanner amat banyak membantu untuk mendiagnosa kondisi mesin dan kelistrikan mobil, namun tidak jaminan bahwa kode error yang diperoleh adalah persis sama dengan kondisi kerusakan yang ada,” kata Jasin.

“Kombinasi dengan pengalaman yang ada, akan diperoleh kerusakan yang terjadi sebenarnya apa. Bisa dibilang bahwa scanner adalah alat yang wajib dimiliki oleh bengkel-bengkel yang melayani mobil injeksi,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.