Sirkuit Sentul Mau Renovasi, Pebalap Nasional Minta Aspal Diutamakan

Kompas.com - 18/12/2021, 09:42 WIB
Galang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15M Dok. YIMMGalang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15M

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar Sentul International Circuit, Bogor, akan direnovasi dan direvitalisasi sedang santer belakangan ini. Sebab, renovasi tersebut juga mengubah sedikit layout atau tata letaknya.

Tinton Soeprapto, Komisaris Sentul International Circuit, mengatakan, renovasi sirkuit bakal dimulai tahun depan dan rencananya sudah bisa digunakan pada pertengahan 2022.

“Betul, Ridwan Kamil bilang soal renovasi sirkuit, ‘Be the best in the world. West Java Sentul International Circuit’,” ujar Tinton, kepada Kompas.com (15/12/2021).

Baca juga: Sirkuit Sentul Klaim Anggaran Renovasi Bukan dari APBD atau APBN

Menurut Tinton, ada dua titik yang berubah. Tepatnya di tengah-tengahnya R3 dan R4, serta di tengah-tengahnya R10 dan R11.

Galang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Galang Hendra Pratama saat menjajal motor sport Yamaha All New R15 dan R15M

Kabar mengenai renovasi sirkuit bertaraf internasional ini disambut baik oleh pebalap binaan Yamaha, yakni Galang Hendra Pratama.

Namun, pebalap yang sekarang berkompetisi di ajang balap internasional World Supersport (WorldSSP) ini, mengatakan, sebaiknya diutamakan aspalnya dulu.

"Kalau menurut saya, yang jelas aspalnya dulu. Mau layout seperti apa, yang jelas aspalnya dulu," ujar Galang Hendra, kepada wartawan, saat peluncuran bLU cRU Indonesia di Sirkuit Sentul, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Sirkuit Sentul Bisa Gelar MotoGP, tapi Bukan dalam Waktu Dekat

"Sebab, Sentul kan di awal tahun memang niatan mereka sudah positif untuk perbaiki Sentul. Tapi, kualitas aspal Sentul itu tidak begitu bagus," katanya.

Ilustrasi rencana renovasi Sirkuit SentulDok. Sentul International Circuit Ilustrasi rencana renovasi Sirkuit Sentul

Dari pantauan Kompas.com, aspal di permukaan Sirkuit Sentul memang jauh dari kondisi sempurna. Banyak titik yang aspalnya sudah rusak, baik di tikungan maupun di trek lurus.

Kondisi ini tentu bisa membuat balapan menjadi kurang aman, apalagi untuk balapan sekelas MotoGP. Maka itu, menurut Galang Hendra, sebaiknya kondisi aspal juga dimaksimalkan kualitasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.