Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Punya 4 Safety Riding Lab dan 9 Safety Riding Center

Kompas.com - 18/12/2021, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap keselamatan berkendara khususnya sepeda motor, Yayasan Astra Honda Motor (AHM) mendirikan fasilitas safety riding di sejumlah sekolah yang tersebar di Indonesia.

Fasilitas bernama Safety Riding Lab Astra Honda ini berguna sebagai wadah edukasi keselamatan berkendara aman dan nyaman bagi generasi muda.

“Tahun ini kami menambah satu, namanya Safety Riding Lab Astra Honda, yang merupakan Safety Riding Lab ke-4. Saat ini kami punya empat Safety Riding Lab, yang kami bangun di SMK mitra binaan kami,” ujar Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan Astra Honda Motor, dalam webinar (17/12/2021).

Baca juga: Kasus Pajero Tabrak 4 Penarik Becak hingga Tewas, Ini Hukumannya

Baca juga: Bila PPnBM Permanen Diterapkan, Honda Jamin All New BR-V Menikmatinya

AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com AHM Safety Riding dan Training Center

“Bagi adik-adik yang pengin belajar safety riding, bisa melihat atau bermain, atau studi komparatif ke empat SMA yang kami miliki,” kata dia.

Tercatat, sejak dimulai pada 2017, Yayasan AHM mengembangkan sarana edukasi dan pembelajaran safety riding bekerjasama dengan SMK binaan dengan mendirikan Safety Riding Lab Astra Honda.

Saat ini telah berdiri di 4 sekolah yaitu SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, lalu SMK Walisongo Menes, Banten, kemudian SMK Panca Abdi Bangsa (PABA) Sumatera Utara, dan yang terkini adalah SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Jawa Timur.

Baca juga: Jakarta-Yogyakarta, Konsumsi BBM Toyota Fortuner Capai 10,7 Kpl

Baca juga: PO NPM Tambah Bus Baru dari Karoseri Laksana

Fasilitas AHM Safety Riding dan Training Center di Bandung.astra-honda.com Fasilitas AHM Safety Riding dan Training Center di Bandung.

Menurut Muhibbuddin, program keselamatan berkendara Astra Honda Motor telah dimulai sejak 2012, lewat program Sahabat Satu Hati.

Setahun berikutnya, Astra Honda Motor menggelar kegiatan Safety Riding Camp. Di mana pada kegiatan ini, anak-anak muda diajak untuk nge-camp, belajar safety riding, kemudian belajar mempublikasikannya, serta mempengaruhi teman-temannya lewat media sosial.

“Kegiatan yang dilakukan AHM ini terus di-improve, ditingkatkan, agar pesan keselamatan berkendara buat terutama generasi muda, ini lebih mudah dan dapat dipahami,” ucap Muhibbuddin.

Baca juga: Hitung Ongkos Pelihara Toyota Fortuner 2.4 Diesel sampai 5 Tahun

Baca juga: Gambar Render Kawasaki Versys 150, Siap Saingi Honda CB150X

Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Center

Ia juga mengatakan, aksi menyebarkan virus keselamatan berkendara ini harus didukung banyak pihak.

Oleh sebab itu, pihaknya membuka peluang dan kesempatan buat adik-adik pelajar atau mahasiswa yang punya concern untuk menciptakan budaya keselamatan berkendara di Tanah Air.

Selain memiliki empat Safety Riding Lab, saat ini Astra Honda Motor juga memiliki sembilan Safety Riding Center yang berada di Jakarta, Tangerang, Serang, Yogyakarta, Sidoarjo, Bandung, Jambi, Pekanbaru, dan Medan.

“Sekali lagi, keselamatan atau Aman di Jalan itu tidak bisa diciptakan oleh orang per orang, kelompok per kelompok. Tapi harus melibatkan sebanyak mungkin para pengguna jalan, para pecinta sepeda motor, dan pecinta otomotif di Tanah Air,” kata Muhibbuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com