Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Alvin Bahar Soal Keunggulan Gerak Roda Depan Honda

Kompas.com - 22/07/2024, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Prestasi Alvin Bahar di dunia balap mobil Tanah Air tidak perlu diragukan lagi. Alvin merupakan pebalap tim Honda Racing Indonesia (HRI) paling sukses saat ini.

Kedekatan Alvin dengan Honda berlangsung cukup lama bahkan sejak dia kecil. Alvin suka dan mendapat pengaruh dari sang ayah yang juga seorang pebalap yaitu Aswin Bahar.

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek Selama 1 Minggu

Salah satu kecintaan Alvin terhadap Honda karena merek ini punya ketertarikan yang kuat pada dunia motorsport. Inovasi yang dilakukan Honda juga diakui di kancah balap.

Pembalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar.Dok. Pribadi Pembalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar.

“Saya ingat papa cerita pertama kali balapan pakai honda sejak 1976 dan itu merupakan tantangan yang unik buat beliau,” ujar Alvin di booth Honda di GIIAS 2024, Minggu (22/7/2024).

“Sebab di Jerman itu Honda jadi pelopor mobil khususnya mobil balap dengan penggerak roda depan. Saat itu lawannya merek-merek lain masih gerak roda belakang dan akhirnya bisa keluar sebagai juara,” ujarnya.

Usai kemenangan Honda tersebut, kata Alvin, entah ada hubungannya atau tidak mobil-mobil dari merek lain akhirnya juga menganut sistem gerak roda depan alias front wheel drive (FWD).

Baca juga: Spesifikasi Hyundai N Vision 74 yang Mejeng di GIIAS 2024

“Tidak tahu kaitan dengan kemenangan itu apa tidak tapi akhirnya mobil-mobil balap dari merek lain juga berpindah ke penggerak roda depan sampai sekarang,” katanya.

Alvin BaharFoto: Honda Alvin Bahar

Saat dia kemudian jadi pebalap Alvin baru bisa merasakan yang pernah dibicarakan ayahnya dulu mengenai keunggulan gerak roda depan Honda.

“Honda walaupun penggerak roda depan. Di balapan itu ada dua karakter penggerak roda depan dan belakang. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing,” katanya.

“Tapi saya merasa dari Honda mulai dari tahun 2000, walaupun masih penggerak roda depan tapi sudah memiliki segala keunggulan roda depan dan belakang dan tidak ada kekurangan,” ujar Alvin.

Baca juga: Meski Cocok buat Indonesia, Isuzu Belum Mau Bawa Erga EV

Salah satu momen berkesan menurut Alvin terjadi pada medio 2006-2008. Saat itu dia menjadi wakil Honda di Kejuaraan Nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Ayah-anak asal Indonesia Alvin Bahar dan Avila Bahar baik podium pada Round 2 kejuaraan balap mobil Malaysia Championship Series di Sepang International Circuit Sabtu dan Minggu (8-9/6/2024).Dok. Pribadi Ayah-anak asal Indonesia Alvin Bahar dan Avila Bahar baik podium pada Round 2 kejuaraan balap mobil Malaysia Championship Series di Sepang International Circuit Sabtu dan Minggu (8-9/6/2024).

Baca juga: Bedanya Bodi Bus Navigator Listrik dan Konvesional

“Saat itu saya menjadi wakil Honda di komisi balap IMI. Pada saat itu, balap mobil ini diikuti oleh berbagai pabrikan mobil, dan IMI sangat mengakomodir penyesuaian peraturan untuk kepentingan berbagai merek,” kata Alvin.

“Di saat merek lain sibuk menyampaikan beberapa kelemahan produknya untuk mendapat dispensasi peraturan, Honda tidak minta apapun karena mobil kami tidak ada kelemahan apapun yang harus diantisipasi,” ujarnya.

“Semua itu terbukti di lintasan saya berhasil menjadi juara nasional selama tiga tahun berturut-turut,” kata Alvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau