Kompas.com - 18/12/2021, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama libur natal dan tahun baru 2022 (Nataru), Polda Jawa Tengah akan menyiagakan 356 pos pelayanan terpadu atau cek poin di lima ruas jalan Provinsi Jawa Tengah. Kelima ruas jalan tersebut antara lain jalur pantura, jalur tol, jalur tengah, jalur selatan, dan jalur selatan – selatan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya akan menggelar Operasi Lilin Candi 2021 untuk pengamanan selama Nataru.

Baca juga: Kasus Pajero Tabrak 4 Penarik Becak hingga Tewas, Ini Hukumannya

“Mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Kita dirikan pos di perbatasan antar kota, dalam kota maupun di rest area tol,” kata Luthfi dikutip NTMC Polri, Jumat (17/12/2021).

Adapun tujuan pendirian pos tersebut untuk pelayanan masyarakat termasuk penegakan prokes. Kapolda menegaskan, pendirian pos juga ditujukan untuk mengamankan agar kegiatan masyarakat selama Nataru berjalan lancar.

Petugas Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, memeriksa kendaraan di check point Cepu 8, Sabtu (30/5/2020) malam yang ditenggarai mengangkut pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, memeriksa kendaraan di check point Cepu 8, Sabtu (30/5/2020) malam yang ditenggarai mengangkut pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

“Namun kami himbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes, mengutamakan keselamatan khususnya di jalan raya. Kita berupaya maksimal agar aktivitas masyarakat berjalan aman dan lancar,” ucap Luthfi.

Polda Jateng akan menerjunkan 14.422 personil dalam gelaran operasi lilin candi nanti. Sejumlah 8.800 personil Polri dilibatkan dalam kegiatan itu, ditambah 1.104 personil TNI, 992 personil Dishub serta 3.526 personil stakeholder terkait.

Baca juga: Pentingnya Blokir STNK Saat Kendaraan Sudah Dijual

“Akan ada check point di perbatasan antarkota, namun itu bukan penyekatan. Check point untuk mengontrol serta mengawasi lalu lintas masyarakat dan barang yang masuk,” kata Luthfi.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah juga mengatakan, masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar daerah harus melengkapi berbagai persyaratan sesuai dengan ketentuan pada masa pandemi Covid-19.

Tim gabungan TNI dan Polri menggelar operasi penyekatan PPKM Darurat di wilayah perbatasan Jawa Tengah (Wonogiri)-Jawa Timur (Ponorogo) di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Ponorogo, Rabu (7/7/2021).KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Wonogiri Tim gabungan TNI dan Polri menggelar operasi penyekatan PPKM Darurat di wilayah perbatasan Jawa Tengah (Wonogiri)-Jawa Timur (Ponorogo) di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Ponorogo, Rabu (7/7/2021).

“Mereka harus menyiapkan Surat Keluar Masuk (SKM) serta surat keterangan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Baca juga: Bila PPnBM Permanen Diterapkan, Honda Jamin All New BR-V Menikmatinya

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho menyatakan pihaknya mengantisipasi potensi peningkatan arus selama Nataru. Sejumlah langkah teknis seperti pengalihan arus, Contra flow dan strategi lain sudah disiapkan bila peningkatan arus cukup signifikan.

“Untuk perkiraan persentase peningkatan arus masih kami koordinasikan dengan dinas perhubungan. Untuk langkah lain seperti penerapan ganjil genap di jalan tol, saat ini masih dikaji kemungkinannya oleh pusat,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.