Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Sirkuit Sentul, Begini Perubahan pada Treknya

Kompas.com - 15/12/2021, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSirkuit Sentul di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kabarnya bakal melakukan renovasi dan revitalisasi. Meski begitu, tata letak sirkuit secara umum tidak banyak berubah.

Tinton Soeprapto, Komisaris Sentul International Circuit, mengatakan, renovasi sirkuit bakal dimulai tahun depan dan rencananya sudah bisa digunakan pada pertengahan 2022.

“Betul, Ridwan Kamil bilang soal renovasi sirkuit, ‘Be the best in the world. West Java Sentul International Circuit’,” ujar Tinton, kepada Kompas.com (15/12/2021).

Baca juga: Saingi Mandalika, Sirkuit Sentul Direnovasi dan Ganti Nama Tahun Depan

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.Yamaha Indonesia Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.

“Jadi ini renovasi, sama sedikit diubah kuping kiri-kanannya. Layout tidak berubah, (bagian) tengah tidak, karena kupingnya saja,” kata dia.

Menurut Tinton, ada dua titik yang berubah. Tepatnya di tengah-tengahnya R3 dan R4, serta di tengah-tengahnya R10 dan R11.

Ubahan ini turut mempengaruhi panjang sirkuit secara keseluruhan, total panjang setelah renovasi kabarnya menjadi 4 km lebih sedikit, dari sebelumnya 3,9 km.

Baca juga: Catat, Pemutihan Pajak Kendaraan di DKI Berlaku sampai Akhir Tahun

Lay-out Sirkuit Internasional Sentulsentulinternationalcircuit.com Lay-out Sirkuit Internasional Sentul

“Kami harapkan bulan Agustus menjelang kemerdekaan sudah soft opening dari sirkuit yang desain baru,” ucap Tinton.

“Desain baru ini bukan renovasi total, hanya kuping kanan-kiri (R3 dan R4, serta R10 dan R11). Terus diharapkan, Sirkuit Sentul menjadi house of automotive di dalamnya,” tuturnya.

Selain ubahan pada arena balap, renovasi juga dilakukan di luar sirkuit. Tinton mengatakan, pihaknya juga melakukan penggantian manajemen yang berorientasi kepada sport and tourism destination.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Lexus UX 300e sampai 5 Tahun

Ilustrasi rencana renovasi Sirkuit SentulDok. Sentul International Circuit Ilustrasi rencana renovasi Sirkuit Sentul

“Dengan manajemen yang baru ini, jadi bakal ada komersilnya di luar sirkuit. Fasilitas dan tribun juga bakal direnovasi, kalau sekarang kan (sedang tren) model payung,” kata Tinton.

“Jadi nama Sentul tetap ada, itu identik di dunia, yang sudah masuk asosiasi sirkuit permanen. Ini sirkuit permanen lho, kalau Mandalika kan sirkuit jalan raya. Tetapi manfaatnya sama,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com