Omah Sultan, Bus Mewah Milik PO Juragan 99 Trans Racikan Baze

Kompas.com - 18/12/2021, 09:22 WIB
Kabin bus Omah Sultan milik PO Juragan 99 Trans racikan Baze DOK. BAZEKabin bus Omah Sultan milik PO Juragan 99 Trans racikan Baze

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Juragan 99 Trans belum lama ini memperkenalkan armada terbaru, yakni bus berkelir merah dengan tajuk Omah Sultan. Berbagai fitur mewah nan nyaman tersemat pada bus berbodi Jetbus 3+ Single Glass ini.

Membahas proses pembuatannya, pertama bodi dirilis dari Karoseri Adiputro dalam keadaan kabin kosong tanpa bangku. Kemudian bus dibawa ke Baze, spesialis interior kendaraan di Bogor untuk dirancang kabin bus dengan panjang sekitar 12 meter.

Hasil garapan Baze ini pun bisa dibilang sangat mewah. Baze membagi kabin bus menjadi tiga bagian, pertama ada ruang pengemudi, lalu ada ruang penumpang dengan enam bangku bus, kemudian ada ruang entertainment.

Baca juga: Pentingnya Blokir STNK Saat Kendaraan Sudah Dijual

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gilang Widya Pramana (@juragan_99)

 

Masuk ke kabin bus, langsung disambut dengan sekat yang memisahkan ruang pengemudi dengan ruang penumpang. Sekat ini berbeda dengan yang ada di bus biasa karena penuh kaca dari atas ke bawah dan pintu otomatis.

Sekat yang penuh kaca ini menambah kenyamanan penumpang karena bisa leluasa melihat pemandangan ke arah depan. Apalagi bus yang digunakan adalah model single glass, jadi tidak ada bando yang menghalangi pandangan penumpang.

Pada ruangan penumpang, terdapat enam bangku penumpang yang disusun 2-1. Bangku yang digunakan merupakan buatan Hai Rimba Kencana, sudah full electric pengaturannya, bahkan sampai ke leg rest tambahan yang ada di depan bangku.

Baca juga: Kasus Pajero Tabrak 4 Penarik Becak hingga Tewas, Ini Hukumannya

Bus Omah Sultan milik PO Juragan 99 Trans racikan BazeDOK. BAZE Bus Omah Sultan milik PO Juragan 99 Trans racikan Baze

Ketika semua leg rest dibuka, sandaran belakang direbahkan, penumpang dapat merasakan kenyamanan saat naik bus. Selain itu, Baze juga menyematkan air purifier yang menjernihkan udara di kabin.

Pada ruang penumpang ini juga menggunakan AC tambahan yang aktif ketika mesin bus mati. Jadi ketika bus berhenti dan mesin dimatikan, ruang kabin tetap bisa nyaman dan adem.

Beralih ke ruang entertainment, penumpang harus melewati sekat lainnya yang juga dioperasikan secara otomatis. Berbeda dengan di ruang penumpang, ruang enterteinment menggunakan sofa yang saling berhadapan serta sofa bed otomatis serta meja.

Kabin bus Omah Sultan milik PO Juragan 99 Trans racikan BazeDOK. BAZE Kabin bus Omah Sultan milik PO Juragan 99 Trans racikan Baze

Tidak lupa, di ruang entertainment juga terdapat Smart TV berukuran besar yang bisa digunakan untuk karaoke. Selain itu, pada ruangan entertainment ini juga menggunakan AC tambahan serta air purifier layaknya di ruang penumpang.

Pada bagian belakang bus, terdapat pantry dengan dispenser, microwave, kulkas, wastafel, dan kamar mandi dengan toilet duduk. Bus ini juga sudah menggunakan karpet yang empuk dari bagian depan kabin hingga ke belakang.

Baze juga menambahkan genset yang ditempatkan pada bagasi bus sebagai sumber listrik. Selain itu, dibuat juga inverter serta converter, jadi bisa mengambil tenaga listrik dari PLN ketika bus parkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.