Masih Gratis, Kemenhub Luncurkan Layanan Teman Bus di Banyumas

Kompas.com - 06/12/2021, 12:31 WIB
Layanan Teman Bus BTS di Banyumas KEMENHUBLayanan Teman Bus BTS di Banyumas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kembali meluncurkan layanan transportasi umum Buy The Service (BTS) dalam program Teman Bus di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Adapun Banyumas menjadi kota ketujuh pada 2021 yang kini sarana transportasi umumnya telah dilayani oleh Teman Bus, setelah sebelumnya diluncurkan pada beberapa daerah lainnya.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat mengatakan, Banyumas termasuk ke dalam lima daerah yang telah disiapkan sistem BTS oleh Kementerian Perhubungan pada 2021.

"Alasan dipilihnya Kabupaten Banyumas, karena berdasarkan hasil evaluasi, penelitian, dan kajian yang dilakukan tim independen yang dipimpin pakar transportasi, Djoko Setijowarno, bahwa potensi masyarakat Banyumas masih familiar dengan angkutan umum dan melihat bagaimana keberhasilan Trans Jateng yang ada di Banyumas," ucap Budi dalam keterangan resminya, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Harga MPV Murah Jelang Selesainya Diskon PPnBM dan Akhir Tahun

Layanan BTS di Banyumasakan melayani tiga koridor, yakni Pasar Pon-Terminal Ajibarang dengan jarak tempuh PP 39 km, Terminal Notog-Terminal Baturaden Bawah dengan jarak tempuh 48 km, dan Terminal Kebon Dalem-Terminal Bulupitu dengan jarak tempuh 47 km.

Ketiga koridornya diklaim menghadirkankonsep ramah disabilitas, dengan lantai rendah pada bagian belakang serta ramp sebagai akses pengguna kursi roda. 

Bus Trans Banyumas akan beroperasi awal Desember 2021.KOMPAS.COM/DOK PEMKAB BANYUMAS Bus Trans Banyumas akan beroperasi awal Desember 2021.

Menurut Budi, sebelumnya kabupaten Banyumas telah diajukan sebanyak lima koridor antar kabupaten. Namun karena kemampuan anggaran re-focusing yang berkali-kali dilaksanakan, alhasil dipilih kabupaten kota yang akan diberikan BTS untuk mengurangi koridornya.

Pada 2022 sendiri, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan menganggarkan dana sebesar Rp 800 miliar hanya untuk BTS di 10 kota besar. Menariknya lagi, bus listrik juga akan dioperasikan.

"Khusus untuk 1 koridor di Bandung dan 2 koridor di Surabaya akan menggunakan bus listrik. Potensi penggunaan bus listrik ini juga memungkinkan dibangun di Purwokerto dan Banyumas jika infrastrukturnya terpenuhi," ujar Budi.

Baca juga: Kapan Layanan BTS Trans Pakuan Gunakan Armada Bus Listrik?

"Angkutan umum pada sebuah negara maju telah menjadi backbone. Jadi, jika Purwokerto atau Banyumas ingin disebut sebagai kota yang maju dan modern, kita harapkan dapat mengkampanyekan kepada masyarakat sekitar untuk menggunakan bus ini," lanjutnya.

Layanan Teman Bus BTS di BanyumasKEMENHUB Layanan Teman Bus BTS di Banyumas

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.