Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Keunggulan Sasis Bus Ladder Frame dan Space Frame

Kompas.com - 01/12/2021, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada dasarnya, ada dua model sasis bus yang digunakan operator bus di Indonesia, yakni ladder frame dan space frame.

Ladder frame punya bentuk sasis layaknya tangga, dua baja sejajar yang dihubungkan dengan baja lain. Sedangkan untuk space frame, bermula dari model bogey atau pendek yang dipotong lalu dihubungkan dengan space frame.

Saat ini, bus dengan sasis ladder frame masih banyak ditemui di jalan raya. Namun, sasis spcae frame yang lebih modern juga mulai banyak digunakan operator bus.

Baca juga: Belajar dari Kasus Ertiga, Kenali Ciri-ciri Mobil Akan Terbakar

sasis bus modularsanzakiiytoet.blogspot sasis bus modular

Lalu apa sebenarnya keunggulan dari kedua sasis tersebut?

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi mengatakan, bus dengan ladder frame dikenal lebih kokoh dibanding space frame. Selain itu, sasis ladder frame sudah teruji ampuh melewati berbagai kondisi jalan di Indonesia selama bertahun-tahun.

Sasis ladder bisa mengangkut lebih banyak beban, lebih baik dalam melewati jalan yang rusak. Sering juga digunakan untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) karena memiliki kemampuan menahan tekanan akibat pengereman dan akselerasi,” ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Polri Bangun Pos Pengawasan Selama Nataru, Pengendara Wajib Bawa SKM

Kemudian, model bus ladder frame lebih mudah dirakit menjadi bus. Begitu juga ketika operator ingin mengganti bodinya saja, bus model ladder frame proses pengangkatan bodinya lebih mudah.

“Lebih mudah membuat bus dengan sasis ladder, karena rangka bisa langsung naik ke sasisnya, tanpa bikin modular space frame lagi,” kata Dimas Raditya, Sales Staff Karoseri Tentrem.

Jika membahas sasis dengan space frame, keunggulannya adalah bagasi yang lega. Hal ini dikarenakan pada bagian bagasi, tidak ada dua batang sasis seperti ladder frame, jadi bagasi bisa tembus dari kanan ke kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com