Jadi Juara Dunia MotoGP, Quartararo Tolak Pakai Nomor Start 1

Kompas.com - 28/10/2021, 08:42 WIB
Pebalap Yamaha Fabio Quartararo mengenakan helm juara dunia saat berselebrasi usai memenangi gelar juara dunia MotoGP pada Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia, pada 24 Oktober 2021. ANDREAS SOLAROPebalap Yamaha Fabio Quartararo mengenakan helm juara dunia saat berselebrasi usai memenangi gelar juara dunia MotoGP pada Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia, pada 24 Oktober 2021.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo sudah resmi meraih gelar juara dunia MotoGP 2021. Untuk para juara, berhak menggunakan nomor start 1 di musim berikutnya.

Meski demikian, Quartararo menolak hak spesial tersebut. Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP ini ingin tetap menggunakan nomor start yang sekarang, yakni nomor 20.

Baca juga: Orang Tua Quartararo Ungkap Alasan Anaknya Bisa Juara Dunia Musim Ini

"Tidak, itu tidak sepadan. Saya benar-benar ingin ini menjadi sesuatu yang sederhana. Hari ini, saya jauh dari nomor 1. Ada banyak orang. 20 adalah nomor yang gunakan sejak awal dan sampai akhir karir saya," kata Quartararo, kepada Canal +, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Kamis (28/10/2021).

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Quartararo mengatakan, di masa depan pun dia sama sekali tidak pernah terpikirkan untuk menggunakan nomor start 1. Bukan hanya Quartararo, tapi ada juga beberapa pebalap lain yang menolaknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bagi saya, contohnya adalah Valentino Rossi. Dia sudah menang sembilan kali dan dia tidak pernah memilih nomor 1. Menurut saya, ini fantastis untuk publik, karena sudah beberapa tahun sejak ada pebalap yang menggunakannya," kata Quartararo.

Baca juga: Marquez Beri Peringatan pada Quartararo Usai Raih Gelar Juara Dunia

Terakhir kali ada pebalap MotoGP yang menggunakan nomor start 1 adalah Casey Stoner pada 2012 lalu. Marc Marquez dan Joan Mir yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP juga menolak menggunakan nomor 1.

Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Ada mitos yang beredar bahwa pebalap yang menggunakan nomor start 1, maka tidak akan bisa mempertahankan gelar juara dunia MotoGP. Hingga saat ini, mitos tersebut masih terbukti benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.