Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Motor di Bengkel Resmi Mahal? Ini Kata Kepala Bengkel AHASS

Kompas.com - 25/10/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan dan meliharaan sepeda motor merupakan hal wajib untu menjaga kondisi motor. Konsumen bisa melakukan servis di bengkel resmi atau non resmi.

Ada anggapan bahwa kelemahan bengkel resmi relatif lebih mahal ketimbang non resmi. Anggapan seperti itu tidak salah tapi juga tidak "saklek" atau tidak selamanya benar.

Baca juga: Perhatikan, Mengapa Rambu Larangan Menyalip Paling Sering Ada di Jalan

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong Asep Suherman mengatakan, harga bengkel resmi pasti. Sedangkan ada bengkel non resmi yang mematok harga di luar kewajaran.

Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASSDok. Wahana Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASS

"Kebanyakan seperti itu (mahal). Padahal nyatanya terkadang banyak juga bengkel umum yang harganya tidak masuk di akal. Yang pasti sebelum pengerjaan semua akan dikonfirmasi kepada konsumen perihal biayanya," katanya kepada Kompas.com, Senin (25/10/2021).

Herman mengatakan, ada tiga kepastian yang ditawarkan begkel resmi atau dalam hal ini bengkel tempatnya bekerja, yakni kepastian biaya, kepastian pengerjaan dan kepastian waktu.

"Adapun jika lebih detail ada keramahan petugas, garansi, mekanik bersertifikat dan part terjamin keasliannya," katanya.

Baca juga: Bagnaia Ungkap Penyebab Terjatuh di GP Emilia Rogmana

AHASS di Jawa Barat berikan servis gratis pada korban banjirDok. DAM AHASS di Jawa Barat berikan servis gratis pada korban banjir

Selain itu, salah satu anggapan servis di bengkel resmi lebih mahal karena mekanik bengkel resmi selalu menganjurkan pemilik untuk langsung ganti komponen baru.

"Tidak juga dikarenakan setiap mekanik wajib mengkonfirmasi/menyarankan/menyampaikan jika memang ada part yang harus diganti sesuai standar penggantian part," katanya.

"Kalau bahasa kami rekomendasi penggatian parts," kata Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com