Ketahuan Oleng dan ODOL, Sopir dan Pemilik Truk Bisa Kena Sanksi

Kompas.com - 23/10/2021, 13:22 WIB
Aksi truk oleng yang terekam di Instagram Screenshot Instagram @ariskys_Aksi truk oleng yang terekam di Instagram
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini truk sering terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Paling ramai berita soal truk kontainer yang menimpa Hyundai Palisade milik direktur Indomaret di Tol Cipularang pada Sabtu (16/10/2021).

Kejadian kontainer yang mennimpa mobil bukan baru sekali terjadi. Banyak juga aksi truk yang meresahkan pengguna jalan lainnya.

Salah satunya seperti yang diunggah akun Instagram @ariskys_ yang dilansir Sabtu (23/10/2021), terlihat sebuah truk ¾ melaju ugal-ugalan atau oleng di sebuah jalan di Jawa Tengah.

Baca juga: Mobil Tetangga Parkir Halangi Jalan, Segera Lakukan Hal Ini

Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).Screenshot Instagram @infobandungkota Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).

Truk itu tidak hanya melanggar lalu lintas karena manuver-manuvernya. Namun juga karena penumpang yang duduk di atap tanpa pengaman apapun.

Aksi ini tentu tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain. Termasuk warga sekitar yang dilewati truk tersebut berisiko jadi korban kecelakaan lalu lintas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, mengatakan, aksi truk ugal-ugalan sampai truk ODOL bisa dikenakan sanksi.

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

“Sopirnya ya pasti kena,” ujar Budi, kepada Kompas.com (23/10/2021).

“Pemiliknya kalau polisi bisa membuktikan, misal truk ODOL dan peran dari pemilik, bisa saja kena tergantung pemeriksaan Polri,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.