Keeway SCR 250V Sasar Segmen Scrambler yang Diabaikan Merek Jepang

Kompas.com - 23/10/2021, 10:42 WIB
Keeway SCR 250 V-Twin Foto: BenelliKeeway SCR 250 V-Twin

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli Indonesia akan meluncurkan dua motor baru di pameran otomotif GIIAS 2021. Dua motor tersebut berasal dari merek Keeway, yaitu Keeway SCR 250V dan Shiny 150.

SCR 250 V-Twin berjenis scrambler untuk pecinta motor dua alam. Saat nanti resmi meluncur di Indonesia maka motor ini bakal minim pesaing di kelas yang sama.

Sebab motor scrambler asli pabrikan biasanya motor gede (moge). Sedangkan "scrambler kecil" yang banyak beredar di jalan ialah motor custom. Adapun jika mau dipaksakan maka ada Kawasaki W175 TR, tapi cc-nya lebih kecil.

Baca juga: Honda NT1100 Meluncur, Pakai Jantung dan Tulang Africa Twin

Keeway V250 FiFoto: Istimewa Keeway V250 Fi

Strategi ini sebetulnya sama seperti saat BMI meluncurkan Keeway V250Fi. Motor bergaya sporty cruiser tersebut tidak banyak lawannya. Hanya Benelli Patagonian Eagle, itupun tidak mesin V-Twin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Steven Kentjana Putra Presiden Direktur Benelli Motor Indonesia (BMI), mengatakan, sengaja membawa SCR 250V sebagai pembeda dengan model sebelumnya.

"Kemarin banyak yang tanya kenapa V-Twin pakai belt (V250Fi), apakah ada opsi yang pakai rantai. Sekarang kita genrenya berubah total dari sport cruiser jadi scrambler V-twin engine tapi pakai rantai," kata Steven kepada Kompas.com, Kamis (23/10/2021).

Steven mengatakan spesifikasi mesin antara V250Fi dan SCR 250V sama, yang berbeda ialah genre motor dan penggerak yang kini pakai rantai.

Baca juga: Vinales Optimistis Raih Hasil Lebih Baik di MotoGP Emilia Romagna

Artinya di atas kertas mesinnya 249cc, 2-slinder, SOHC dengan bore x stroke yaitu 49.0 x 66.0 mm mampu menghasilkan tenaga 12.5 Kw pada 8.500 rpm dan torsi 17 Nm pada 5.500 rpm.

Meski sudah terbuka mengenai motor barunya, Steven masih enggan membocorkan harga jual motor scrambler barunya. Tapi ditengarai tidak akan beda jauh dari V250Fi.

Diketahui V250Fi punya dua varian yaitu versi standar dan Geronimo yang paling atas. Model standar dibanderol Rp 57 jutaan sedangkan V250FI Geronimo dibanderol Rp 58 jutaan OTR Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.