Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Sopir Bus MGI Cekcok dengan Pengemudi Mobil di Tol Bocimi

Kompas.com - 21/04/2024, 17:18 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral video seorang sopir bus terlibat cekcok dengan seorang pengedara mobil di Exit Tol Bocimi, tepatnya di Cigombong, Sabtu (20/4/2024). 

Pada cuplikan video yang diuggah oleh akun Instagram @jabodetabek24info, sopir bus dari PO MGI rute Pelabuhan Ratu - Bogor itu saling melempar kalimat kasar dengan pengendara tersebut.

Dari keduanya tidak ada yang mau mengalah, bahkan sopir bus dan pengendara itu tersebut terus melanjutkan perkelahian dengan turun dari masing -masing kendaraan. 

Beberapa orang di sekitar lokasi mencoba merelai kedua, bahkan pria paruh baya yang juga kru bus MGI mencoba berkata maaf agar masalah segera selesai. 

Namun  keduanya sama-sama emosi dan masih terus mengumpat saling menantang di tengah kondisi jalan sedang macet. Belum diketahui apa penyebab permasalahan kedua pengemudi tersebut.

Pihak manajemen PO MGI juga belum memberikan respon saat redaksi Kompas.com mencoba menghubungi. 

Baca juga: Ini Penyebab Terbanyak Kecelakaan selama Mudik Lebaran

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengingatkan para pengemudi untuk menghindari perilaku agresif atau marah yang ditujukan bagi pengguna jalan lain.

“Setiap berkendara pasti melibatkan emosi sekecil apapun, itulah pentingnya saling menjaga toleransi dan mengalah kepada sesama pengguna jalan,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Bahas Desain Yamaha Lexi LX 155, Fungsional buat Bawa Barang

Hal yang bisa dilakukan pengemudi agar tidak emosi saat di jalan seperti di video tersebut, pertama memperhatikan manajemen waktu. Berkendara terburu-buru secara psikologis bakal membuat pengemudi lebih emosi, terlebih jika jalan yang dilalui terhambat. “Jadi berangkat lebih awal membuat emosi lebih stabil, lebih tenang. Sebab kondisi macet pasti membuat stres,” ucap Sony.

Kedua, pastikan untuk tidak membuat berbagai masalah sebelum atau saat berkendara. Hal ini dilakukan agar pengemudi tetap fokus mengemudi.

Menghindari provokasi dari pengendara lain juga penting untuk menjaga emosi. Kemudian, selalu upayakan untuk berpikir positif saat mengemudi. Terakhir adalah selalu patuhi peraturan lalu lintas dan tertib selama berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com