Kompas.com - 22/10/2021, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMotor kerap digunakan untuk bepergian jarak jauh. Bagasi yang biasanya muat untuk barang bawaan sehari-hari, ketika dipakai perjalanan jauh terasa masih kurang luas.

Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk memasang boks tambahan pada motornya. Sehingga ketika bepergian jarak jauh, barang bawaan bisa tersimpan dengan baik di dalam boks.

Namun saat memasang boks di motor dan diisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya adalah dimensi motor yang berubah serta cara mengendarainya yang sedikit berbeda.

Baca juga: Stoner Ungkap Alasan Sebenarnya Pensiun dari MotoGP

Boks motorshopee Boks motor

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pemilihan boks yang dipasangkan ke motor harus diperhatikan, jangan sampai terlalu besar.

“Dimensi boks tidak boleh melebihi ketentuan. Misalnya lebih lebar dari setang, lebih tinggi dari bahu pengendara atau memakan tempat di jok,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, cara berkendara harus diubah karena dimensi motor yang berubah lebih lebar atau panjang. Ketika berkendara, kurangi kecepatan dan kurangi lakukan manuver zig-zag di jalan raya.

Baca juga: PPnBM Berbasis Emisi, Ini Jenis Kendaraan yang Dikecualikan

“Sering-sering juga lihat kaca spion ketika bermanuver,” kata Sony.

Terakhir, ketika sudah dipasang boksnya, jangan asal simpan banyak barang di dalamnya. Beban yang bertambah membuat kerja pengendara jadi lebih berat. Ubah juga gaya berkendara jadi lebih kalem, tidak agresif.

“Mengerem juga harus lebih halus karena jarak berhenti motor jadi lebih panjang. Kemudian ketika ada lubang, polisi tidur atau jalan jelek juga membuat motor mudah oleng,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.